Pengertian Podcast

Apa itu Podcast? Berikut ini ulasan tentang Pengertian Podcast, Podcasting, dan Cara Mendengarkan Podcast.

 

Pengertian Podcast

PODCAST saat ini sedang hits dan banyak digemari pengguna internet. Dari dunia bisnis, pemasaran podcast (podcast marketing) mulai berjalan tahun ini.

Banyak perusahaan merilis konten audio untuk membangun kepercayaan (trust), terhubung dengan audiens mereka pada tingkat pribadi, dan meningkatkan kesadaran merek (brand awareness).

Baca Juga

Podcasting bukanlah hal baru. Konten audio ini berakar tahun 1960-an, ketika beberapa acara radio dari ABC dan lainnya disiarkan di Amerika Serikat.

Banyak program radio ini dibatalkan pada akhir 1980-an, tetapi revolusi audio digital telah berhasil dan konten audio digital tetap ada.

Pada 1990-an, audio digital dalam CD dan DVD secara bertahap menggantikan kaset analog dan piringan hitam. Setelah satu dekade, popularitas file mp3 semakin mengganggu industri audio.

Podcast muncul tahun 2003 dalam bentuk cerita audio yang dikirimkan langsung ke iPod dan oleh karena itu dinamai ‘podcast’ = iPod + Broadcast.

Popularitas Podcast

Pada tahun 2006, hanya 22% warga AS yang tahu apa itu podcast. Saat ini sekitar 70% dari mereka mengetahui podcast dan manfaatnya.

Menurut TechCrunch, akan ada peningkatan produksi podcast 27% atau setara dengan 29 juta episode, tahun 2020.

Spotify kemungkinan akan mengalahkan pesaingnya, Apple, dalam permainan popularitas, karena hanya 20% dari generasi milenial dan populasi Gen Z yang mendengarkan musik Apple, sementara 46% dari mereka mendengarkan Spotify, menurut sebuah studi oleh The Podcast Host .

Namun, banyak platform baru akan mendistribusikan konten audio tahun ini, sehingga persaingan akan meningkat.

Jadi, jika Anda berencana menghasilkan uang dengan podcasting, tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulainya dari saat ini, sekarang juga.

Pengertian Podcast

Podcast adalah singkatan dari iPod dan Broadcasting. iPod adalah merek pemutar audio buatan Apple. Broadcasting adalah penyiaran atau siaran.

Sederhananya: podcast adalah program audio, sama seperti Talk Radio, tetapi Anda bisa berlangganan di ponsel cerdas Anda dan mendengarkannya kapan pun Anda mau. Jadilah ia POD, Play On Demand.

Secara detail, podcast adalah rangkaian kata yang diucapkan, episode audio, semuanya berfokus pada topik atau tema tertentu, seperti bersepeda atau startup.

Anda dapat berlangganan acara tersebut dengan aplikasi di ponsel Anda dan mendengarkan episode kapan pun Anda suka di headphone, di mobil, atau melalui speaker.

Apa Contoh Podcast Populer?

Jika Anda baru dalam hal ini, akan lebih mudah untuk melihat bagaimana stasiun radio mengubah acara mereka menjadi podcast. Tapi, ingat, Podcast telah melampaui radio – Anda akan mengetahui lebih banyak tentang itu sebentar lagi!

Namun, pertama-tama, Radio BBC 4 telah menjalankan acara radio berjudul ‘More or Less: Behind the Stats’, semuanya tentang ekonomi yang menarik dan fakta angka.

Acara itu ditayangkan pada waktu yang sama setiap minggu, dan Anda harus mendengarkan radio Anda untuk mendengarkannya.

Tapi… untuk membuatnya lebih mudah untuk didengarkan, BBC juga menerbitkan setiap episode sebagai bagian dari ‘More or Less Podcast’. Setiap episode podcast adalah rekaman dari episode radio dan semuanya disusun dalam satu seri podcast.

Jadi, jika Anda adalah penggemar acara radio, Anda dapat berlangganan podcast Lebih Banyak atau Lebih Sedikit dan episode akan dikirimkan kepada Anda setiap minggu. Artinya, Anda dapat mendengarkannya kapan saja, daripada mendengarkan radio di waktu yang sama setiap minggu.

Contoh di atas mungkin memberi Anda gambaran tentang seperti apa podcast itu, tetapi itu bukan jawaban lengkap untuk Apa itu podcast!

Sebagian besar acara cenderung merupakan konten yang sepenuhnya orisinal, tidak hanya menggunakan radio.

Banyak yang melarikan diri dari belenggu format radio tradisional untuk menjelajahi pendekatan orisinal yang brilian dan subjek yang sepenuhnya khusus.

Sebagai contoh:

  • Panjangnya bisa berapa saja, dari cuplikan berita 1 menit, hingga wawancara mendalam selama 3 jam.
  • Frekuensinya bisa berapa saja, dari harian hingga bulanan
  • Mereka bisa dalam format apa pun, dari pertunjukan solo sederhana hingga drama audio raksasa yang terdiri dari banyak orang
  • Mereka dapat meliput topik APA PUN, banyak di antaranya tidak akan pernah masuk ke radio
  • Tidak peduli apa yang Anda sukai, Anda akan menemukan acara yang sesuai dengan topik yang Anda sukai dan waktu yang Anda miliki.

Apakah Podcast Audio atau Video?

Kebanyakan Podcast saat ini hanya berupa audio, meskipun podcast video memang ada.

Podcasting benar-benar berkembang dari kebutuhan akan konten latar belakang. Itu berarti sesuatu yang dapat menghibur Anda, mendidik Anda atau menginspirasi Anda di latar belakang kegiatan membosankan atau hafalan lainnya.

Misalnya, salah satu cara paling umum orang mendengarkan adalah di dalam mobil. Anda tidak dapat menonton video di sana, tentu saja, jadi konten audionya bagus.

Dengan cara yang sama, podcast sangat bagus untuk didengarkan di gym, saat Anda sedang memotong rumput, atau dalam perjalanan ke kantor. Setiap momen waktu yang terbuang bisa menjadi momen untuk audio!

Tentu saja, itu berarti Anda memerlukan sesuatu untuk didengarkan, jadi Anda mungkin perlu memiliki satu set headphone untuk terhubung ke smartphone Anda. Jika tidak, hubungkan ke mobil Anda melalui Bluetooth, atau mulailah mendengarkan di Echo atau speaker pintar lainnya!

Seperti Apa Biasanya Podcast Terdengar?

Saat Anda mendengarkan podcast, Anda akan menemukan bahwa banyak dari mereka yang cukup familiar. Anda akan mendengar jenis konten serupa selama bertahun-tahun, dari radio hingga acara bincang-bincang TV.

Di sisi lain, Anda juga akan mendengar podcast yang benar-benar baru dan sama sekali berbeda dengan norma, berkat kebebasan yang dimungkinkan oleh podcasting.

Kebanyakan podcast akan bertema sekitar satu topik tertentu. Pembawa acara atau pembawa acara akan membicarakan topik itu di setiap episode.

Terkadang sangat spesifik, seperti balapan triathlon atau pelatihan anjing, dan di lain waktu lebih umum, seperti cara menjalani hidup bahagia.

Selanjutnya, setiap episode podcast itu akan berbicara tentang sesuatu yang spesifik dalam topik itu – kiat nutrisi untuk mengikuti triathlon, atau cara menghentikan perkelahian anjing Anda dengan anjing lain.

Setiap episode biasanya dijalankan oleh satu atau dua presenter reguler, membicarakan subjek itu, dan mereka akan sering meminta tamu dari luar untuk berkontribusi, atau diwawancarai.

Banyak podcast yang sangat sederhana, hanya beberapa teman yang mengobrol tentang sesuatu yang mereka sukai, seperti film, merajut, atau menjalankan bisnis. Tetapi beberapa di antaranya sangat halus dan sangat profesional, termasuk musik tema, efek suara, pengeditan profesional, dan banyak lagi.

Podcast yang lebih profesional bagus untuk didengarkan, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak waktu dan uang untuk membuatnya.

Pertunjukan amatir, di sisi lain, mungkin memiliki beberapa sisi kasar, tetapi itu berarti mereka bisa mengeluarkannya, setiap minggu, dan menumbuhkan pengikut setia.

Kebanyakan orang mendengarkan sedikit dari kedua jenis tersebut. Faktor terbesar di sebagian besar podcast adalah tuan rumah atau pembawa acara, dan Anda akan tertarik pada topik dan pembawa acara yang Anda sukai, lebih dari pendekatan yang mereka ambil.

Podcast vs Podcast Episode

Istilahnya membingungkan!

Podcast adalah rangkaian episode, dan mengacu pada program secara keseluruhan. Kemudian, episode podcast hanya satu rekaman dari seluruh Podcast itu.

Ini seperti TV. Acara TV terdiri dari serangkaian episode.

Jadi, anggap ‘Friends’ sebagai serial dan ‘The One where they Got Married’ sebagai episodenya. Dalam hal ini Teman setara dengan Podcast dan ‘The One Where They Got Married’ adalah Episode Podcast.

Apa Perbedaan Antara Podcast dan File Audio?

Jika Anda hanya ingin mendengarkan podcast, Anda tidak perlu tahu sedikit pun. Tidak kecuali jika Anda berpikir untuk memulai podcast Anda sendiri!

Tapi, jika Anda hanya ingin mendengarkan, langsung ke ‘Cara Mendengarkan Podcast’ di bagian bawah posting ini.

Aspek paling rumit dalam menjawab pertanyaan – Apa itu podcast? – dan di mana banyak orang menjadi bingung, ada perbedaan antara file audio sederhana dan podcast lengkap.

Penjelasan paling sederhana adalah bahwa file audio dan episode podcast secara teknis sama. Jika Anda telah mengunduh episode Podcast dari situs Podcast, Anda telah menemukan fakta bahwa Anda baru saja mengunduh file audio.

Perbedaannya muncul saat Anda menambahkan opsi untuk berlangganan rangkaian file audio tersebut.

Jadi, jika Anda menggunakan layanan hosting Podcast untuk memungkinkan orang berlangganan rangkaian rekaman audio Anda, maka Anda tiba-tiba mengubahnya dari file audio sederhana menjadi podcast yang berfungsi penuh! Mereka masih hanya file audio, tetapi di samping langganan, Anda sekarang dapat menyebutnya Podcast juga.

Aspek langganan dilakukan untuk Anda secara otomatis jika Anda menggunakan perusahaan Hosting Podcast yang bagus, tetapi Anda mungkin ingin tahu sedikit tentang cara kerjanya.

Ini dijalankan melalui teknologi yang disebut RSS (itu bagian yang sulit…) dan itu hanya bahasa komputer yang memungkinkan perangkat lunak Podcasting Anda berbicara ke situs web Podcasting.

Pada dasarnya, jika Anda memberikan perangkat lunak Podcasting Anda (seperti Apple Podcasts) alamat web dari Website Podcasting, itu akan membaca RSS feed dan itu akan dapat mengunduh semua episode lama dari Podcast dan mengunduh yang baru sebagai mereka dibebaskan.

Jadi, ketika Anda menggunakan iTunes, atau aplikasi mendengarkan podcast bagus lainnya, itu akan melacak semua langganan Anda melalui setiap umpan RSS Podcast, dan secara otomatis akan mengunduh episode baru saat tersedia. Ini jauh lebih mudah daripada file audio biasa di mana Anda harus mencarinya di web dan mengunduhnya sendiri.

Hal besar yang perlu diingat adalah bahwa file audio itu sendiri tidak lebih dari itu, hanya file audio.

Tetapi, jika Anda mengunggah file audio itu ke situs web dan mengizinkannya untuk berlangganan melalui umpan RSS, maka tiba-tiba itu adalah Podcast. Mudah!

Sekarang Anda tahu apa itu podcast, apakah Anda ingin tahu…

Cara Mendengarkan Podcast

Mendengarkan Podcast

Podcast ada di mana-mana, saat ini, dan ada begitu banyak topik untuk dipilih. Dalam beberapa tahun terakhir, kualitasnya telah meningkat secara dramatis, seiring dengan berkembangnya ruang podcasting. Namun, banyak orang masih tidak tahu cara mendengarkan Podcast.

Di situlah kita masuk! Di sini kita melihat berbagai cara Anda dapat mendengarkan podcast, dari smartphone hingga speaker pintar, dan semua yang ada di antaranya.

Cara Mendengarkan Podcast di Smartphone Anda

Cara paling nyaman untuk mendengarkan podcast, dalam jangka panjang, adalah melalui ponsel cerdas Anda.

Hampir setiap perangkat di pasaran memiliki setidaknya satu cara untuk mendengarkan, dan kebanyakan ponsel memiliki banyak cara!

Jadi, jika Anda memiliki smartphone di saku, Anda sudah memiliki platform mendengarkan podcast yang ideal.

Aplikasi Podcast iPhone

Jika Anda memiliki iPhone, Anda harus memulainya terlebih dahulu, karena iOS dilengkapi dengan aplikasi podcast bawaan.

Lihat saja di sekitar aplikasi Anda untuk aplikasi yang disebut Apple Podcasts (atau geser ke bawah dan cari). Ini adalah aplikasi bagus untuk pendengar rata-rata, memungkinkan Anda untuk mencari direktori, menemukan acara baru dan berlangganan dengan mudah.

Kemudian, Anda hanya perlu menjalankan aplikasi setiap kali ingin mendengarkan, dan pilih episode untuk hari itu!

Aplikasi alternatif di iOS termasuk Spotify.

Aplikasi Podcast Android

Pengguna Android memiliki aplikasi podcasting sendiri – Google Podcasts – tetapi ini jauh lebih terbatas daripada penawaran Apple, dan saya tidak akan merekomendasikannya sekarang.

Sebagai gantinya, unduh Pocketcasts, atau Castbox dan mulailah mendengarkan segera. Sekali lagi, Anda dapat melihat panduan lengkap kami untuk Aplikasi Podcast Android di sini.

Headphone untuk Mendengarkan Podcast

Tentu saja, jika Anda mendengarkan di ponsel cerdas, Anda memerlukan satu set headphone.

Sebagian besar smartphone baru hadir dengan satu set earbud yang layak, jadi itu awal yang baik. Sangat berguna memiliki kontrol pada kabel, juga, untuk memulai menghentikan pertunjukan, saat Anda mendengarkan.

Maka Anda tidak akan melewatkan apa pun saat mengeluarkan earbud untuk berbicara dengan teman yang Anda temui di jalan.

Untuk mendapatkan lebih banyak lagi dari acara favorit Anda, ada baiknya untuk meningkatkan ke set headphone yang lebih baik daripada earbud standar Anda.

Tidak perlu mahal untuk mendapatkan set yang bagus juga, dan Anda dapat membaca tentang headphone favorit kami di sini.

Cara mendengarkan podcast di Komputer Anda

Mendengarkan di ponsel cerdas Anda jelas merupakan cara yang paling nyaman, jangka panjang, karena seberapa mobile-nya.

Tapi, secara teknis, cara termudah dan paling jelas untuk mendengarkan podcast adalah memutarnya langsung melalui komputer Anda.

Sisi negatifnya adalah Anda terjebak di meja Anda, tetapi terkadang tidak apa-apa. Dan ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menemukan acara baru dan mencicipi sebelum Anda berlangganan di ponsel Anda.

Bagaimana cara kerjanya?

Hampir setiap podcast memiliki fungsi putar langsung di halaman episode mereka. Arahkan ke halaman podcast, cari tombol putar, dan dengarkan.

Contoh paling populer adalah iTunes dan Spotify. Jika Anda memiliki salah satu aplikasi di komputer Anda, lalu navigasikan ke bagian podcast, jelajahi dan tekan putar.

Lebih baik lagi, jika Anda menggunakan aplikasi Spotify untuk mendengarkan di ponsel Anda, maka langganan langsung dibawa ke platform itu. Mulus! Sayangnya, iTunes dan Apple Podcast tidak terkait dengan cara yang sama.

Selama Anda memiliki speaker atau headphone yang terhubung, metode mendengarkan podcast ini bekerja dengan baik. Anda dapat menemukan berbagai macam speaker komputer di Amazon yang sesuai dengan anggaran apa pun.

Tentu saja, dalam jangka panjang, kerugiannya adalah Anda terjebak duduk di depan komputer, yang bisa menjadi pekerjaan rumah saat pertunjukan berdurasi satu jam.

Tetapi, jika itu adalah episode pendek, atau Anda dapat memutar podcast melalui speaker PC Anda sambil melakukan hal lain di rumah, maka itu bisa menjadi cepat dan dapat diandalkan.

Cara Mendengarkan Podcast di Mobil

Mobil adalah tempat paling umum untuk mendengarkan podcast, menurut statistik podcast terbaru. Masuk akal – selalu menjadi ruang mendengarkan radio yang besar, dan Podcasting adalah radio baru.

Tapi, bagaimana cara mendengarkan podcast di dalam mobil?

Pertama melalui koneksi Bluetooth. Sebagian besar mobil modern dipasang untuk dihubungkan ke ponsel Anda sehingga Anda dapat melakukan panggilan bebas genggam.

Koneksi yang sama juga dapat memutar audio dari ponsel Anda. Jadi, hubungkan melalui Bluetooth seperti biasa, lalu putar sesuatu dari aplikasi Podcast Anda. Apakah itu diputar di speaker? Bagus!

Tidak ada Bluetooth? Gunakan Old-School-Cable

Selanjutnya, jika tidak berhasil, fitur mobil yang lebih umum adalah port ‘aux in’ atau ‘line in’. Terlihat seperti jack headphone dan yang Anda butuhkan hanyalah kabel 3,5 mm hingga 3,5 mm ini untuk menyambungkan ponsel ke mobil Anda.

Sebagai upaya terakhir, beberapa orang menggunakan perangkat radio untuk pada dasarnya menyiarkan keluaran ponsel Anda pada frekuensi tertentu, lalu Anda dapat menyetelnya di radio mobil Anda. Atau, ingat konektor tape deck untuk sekolah lama?

Cara Mendengarkan Podcast di Smart Speaker

Anda tidak boleh melewatkan kegemaran speaker pintar, yang diberdayakan oleh beberapa perusahaan terbesar di dunia. Google memiliki Google Home, Amazon memiliki Echo dan banyak lagi yang diumumkan setiap bulan.

Speaker Bluetooth apa pun akan memungkinkan Anda bermain dari ponsel cerdas Anda, sehingga Home dan Echo dapat bermain seperti itu. Tapi, Echo secara khusus sangat bagus karena terhubung dengan TuneIn Radio dan dengan Spotify.

Beri tahu Echo Anda, “Alexa, putar acara Tim Ferriss di TuneIn” atau “Alexa, putar Podcraft di Spotify” dan Echo akan otomatis memutar episode terbaru. Sangat mudah!

Bagaimana Saya Berlangganan Podcast?

Berlangganan adalah tempat kekuatan podcasting benar-benar masuk. Saat Anda berlangganan, acara mulai datang secara otomatis kepada Anda. Lain kali Anda memuat aplikasi Anda, semua episode terbaru ada di sana, siap untuk didengarkan. Luar biasa!

Jika Anda mendengarkan di komputer, cara termudah untuk berlangganan adalah melalui app iTunes, atau app Spotify. Keduanya tersedia untuk Mac atau PC.

Jika Anda menggunakan ponsel cerdas, cukup gunakan aplikasi mendengarkan seluler Anda (favorit kami di sini)! Aplikasi Apple Podcasts di iPhone memungkinkan Anda berlangganan dengan sangat mudah, dan jenis ponsel lain memiliki aplikasi serupa.

Cara Menemukan Podcast untuk Dengarkan

Ada lebih dari satu juta podcast di luar sana hari ini. Jadi, dari mana Anda memulai saat Anda mencari sesuatu yang baru?

Kami baru-baru ini mengadakan survei tentang penemuan podcast. Kami ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana orang menemukan podcast baru untuk didengarkan.

Ternyata, cara paling umum untuk menelusuri konten baru adalah mencari aplikasi mendengarkan pilihan Anda.

Kami akan membahas lebih lanjut tentang aplikasi ini sebentar lagi. Intinya, beberapa dari mereka memiliki bagan atau bagian unggulan, tetapi cara termudah untuk menemukan podcast untuk didengarkan adalah dengan mengetikkan satu atau dua kata kunci. Misalnya “cara membangun otot”, “belajar bahasa Spanyol”, atau “berkebun”.

Anda juga dapat menemukan podcast untuk didengarkan dengan bertanya kepada orang lain – orang yang Anda kenal memiliki selera atau minat yang sama. Ini mungkin teman yang Anda kenal di kehidupan nyata, atau orang-orang di komunitas online. (Katalis/The Podcast Host)

Anda mau bikin Podcast untuk Bisnis atau Pribadi? Kontak Tim Katalis!

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments