Pengertian Berita dalam Komunikasi Jurnalistik Media

pengertian beritaKatalis.net — Berita adalah laporan peristiwa aktual, penting, dan menarik. Berita dalam bahasa Inggris disebut news yang berasal dari kata new (baru). Berita merupakan salah satu jenis pesan dalam komunikasi, khususnya komunikasi massa.

Berita merupakan produk utama jurnalistik dan tugas utama wartawan khususnya reporter. Berita juga menjadi sajian utama media massa atau pers.

Berikut ini pengertian berita dalam jurnalistik.

Pengertian Berita Menurut Bahasa

Secara bahasa, pengertian berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar; laporan; pemberitahuan; pengumuman (KBBI).

Secara etimologis, berita berasal dari bahasa Sansekerta yaitu vrit (mirip write [menulis] dalam bahasa Inggris) yang mempunyai makna “ada” atau “terjadi”.

Baca Juga

Ada juga yang menyebut asal kata berita adalah vritta yang bermakna “kejadian” atau “peristiwa terhangat”.

Dalam bahasa Inggris, berita (news) artinya laporan peristiwa terkini; informasi yang sebelumnya tidak diketahui; materi dilaporkan di koran atau berita secara berkala atau di siaran berita. (Merriam-Webster).

Kamus Oxford Paperback Dictionary terbitan Oxford University Press (1979) mengartikan berita atau news sebagai “peristiwa terbaru.”

Masih dalam bahasa Inggris, news juga dipahami sebagai singkatan dari empat arah mata angin: north, east, west, dan south yang bermakna informasi dikumpulkan dari seluruh penjuru dunia.

news mata angin

Dalam Kamus Komunikasi, berita diartikan sebagai laporan mengenai hal atau peristiwa yang baru terjadi, menyangkut kepentingan umum dan disiarkan secara cepat oleh media massa; surat kabar, majalah, radio, dan televisi.

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Berikut ini definisi atau pengertian berita menurut para ahli (akademisi/praktisi).

1. Charles A. Dana

Menurut Charles A. Dana, pengertian berita adalah laporan setiap saat atau sesuatu yang menarik untuk pembacanya dan berita terbaik dinilai kemenarikannya bagi para pembaca.

2. Neil McNeil

Berita adalah gabungan fakta dan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan perhatian atau kepentingan bagi para pembaca surat kabar yang memuatnya.

3. Catledge Turner

Pengertian berita menurut Carledge Turner adalah segala sesuatu yang tidak diketahui masyarkat kemarin.

4. Eric C. Hepwood

Pengertian berita menurut Eric C. Hepwood adalah laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.

5. Gerarld W. Johnson

Berita adalah penyebab dari macam-macam peristiwa yang dijadikan pertimbangan utama oleh orang surat kabar untuk menulis dan mengumumkannya demi memperoleh kepuasan hatinya.

6. Adi Negoro

Pengertian berita menurut Adi Negoro adalah sebuah pernyataan di antara manusia yang saling memberitahukan.

7. Willard C. Bleyer

Berita adalah sesuatu yang baru yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga dapat menarik atau mempunyai makna dan dapat menarik minat bagi pembaca.

8. J.B. Wahyudi

Berita adalah sebuah uraian tentang fakta dan atau pendapat yang mengandung nilai berita dan yang sudah disajikan melalui media massa periodik.

9. Dean M. Lyle Spencer

Berita menurut Dean M. Lyle Spencer adalah kenyataan atau ide yang benar dan dapat menarik perhatian sebagian besar pembaca.

10. James M Neal

Menurut James M Neal adalah kecenderungan, kondisi, situasi dan interpretasi.

11. Douglas Wood Miller

Menurut Douglas Wood Miller, pengertian berita adalah peristiwa atau pendapat yang dapat menyentuh rasa insani yang selalu menjadi menarik perhatian banyak orang.

12. Micthel V. Charnley

Berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadia yang faktual, penting dan menarik bagi sebagian besar pembaa serta menyangkut kepentingan mereka.

13. Robert Tyell

Berita adalah informasi yang baru, menarik perhatian, mempengaruhi orang banyak dan mampu membangkitkan selera masyarakat untuk mengikutinya.

14. Mochtar Lubis

Pengertian berita menurut Mochtar Lubis adalah apa saja yang ingin diketahui banyak orang dan membacanya.

15. United Press Nation

Berita menurut United Press Nation adalah segala sesuatu dan apa saja yang menimbulkan minat akan kehidupan dan barang-barang dalam segala menifestasinya.

16. Djuraid (2007:9)

Berita adalah sebuah laporan atau pemeberitahuan mengenai terjadinya sebuah peristiwa atau keadaan yang bersifat umum dan baru saja terjadi dan disampaikan oleh wartawan di media massa.

17. Nasution dalam Aliet (2008:1)

Berita adalah laporan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi yang ingin diketahui oleh umum, dengan sifat aktual, terjadi di lingkungan pembaca, mengenaik tokoh terkemuka, akibat peristiwa tersebut berpengaruh terhadap pembaca.

18. William S. Maulsby

Berita adalah sesuatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang punya arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut.

19. Asep Syamsul M. Romli (2005:3)

Pengertian berita menurut Romli adalah sajian utama sebuah media massa di samping views (opini). Mencari bahan berita lalu menyusunnya merupakan tugas pokok wartawan dan bagian dari redaksi sebuah penerbitan pers.

20. Kustadi Suhandang (2004:103-104)

Menurut Suhandang berita adalah pemberitahuan tentang segal peristiwa aktual yang menarik perhatian orang banyak.

Demikian pengertian berita.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *