Pendidikan Landasan Kehidupan yang Bermakna

“Sekolah (pendidikan) harus menjadi landasan peluncuran menuju kehidupan yang bermakna” – Patrick Cook-Deegan.

Pendidikan Landasan Kehidupan yang Bermakna
Pendidikan Landasan Kehidupan yang bermakna (Foto: Pexel)

Katalis.net — “Tujuan pendidikan adalah agar saya menjadi diri saya sendiri, dalam konteks masyarakat tempat saya tinggal, sehingga saya benar-benar dapat berkontribusi untuk masyarakat saya. Hal itu selalu penting untuk ditanyakan pada diri sendiri, apa tantangan mendasar dari masyarakat kita. Hari ini adalah masyarakat global, jadi hari ini tujuan pendidikan adalah untuk mempersiapkan anak-anak menjadi warga global dengan cara yang benar-benar memelihara keunikan mereka “- Peter Senge (Strategist of the Century)

Jika kita benar-benar ingin memberikan kesempatan terbaik bagi generasi mendatang untuk berkembang, kita sebaiknya mempersiapkan mereka untuk masyarakat global yang saling berhubungan yang akan mereka tinggali.

Adam Grant, penulis Give and Take dan Originals, setuju dengan pandangan ini. Dia menyarankan bahwa dalam dunia yang saling berhubungan, yang mendorong perkembangan bukanlah mengejar pencapaian, tetapi kemampuan kita untuk berkontribusi.

Masalahnya, kaum muda sangat sadar, dan sangat prihatin tentang apa yang terjadi di dunia saat ini. Mereka prihatin tentang isu-isu seperti pemanasan global, keadilan sosial, dan ketidaksetaraan.

Baca Juga

Bagi mereka, prestasi saja tidak cukup. Mereka ingin pergi ke dunia luar untuk melakukan pekerjaan yang berarti – dan menjadi kekuatan sejati untuk kebaikan.

Apa yang membedakan para pemimpin sehari-hari ini dari rekan-rekan mereka yang berprestasi sehari-hari adalah bagaimana mereka bercita-cita untuk menemukan kekuatan mereka, untuk berkontribusi secara bermakna pada penyebab yang lebih besar daripada diri sendiri.

Mereka mempertanyakan ‘mengapa’ mereka melakukan apa yang mereka lakukan, dan percaya dalam membuat perbedaan yang berarti. Evolusi dalam pemikiran ini tidak berarti bahwa konsep-konsep seperti Mindset Pertumbuhan dan Ketabahan tidak penting.

Sebaliknya, belajar bagaimana menumbuhkan dan membedakan diri melalui praktik yang disengaja merupakan bagian integral dari perkembangan setiap orang.

Masa depan pendidikan

“Sekolah adalah tentang menghasilkan pemimpin. Ini tidak berarti bos; itu berarti orang-orang yang benar-benar dapat memberikan kontribusi transformatif yang besar bagi masyarakat mereka sebagai bagian dari cara mereka menjalani hidup ”- Peter Senge

Cara pengambilan kuncinya adalah jika kita benar-benar ingin kaum muda menjalani kehidupan yang bermakna dalam masyarakat global yang berkembang, mereka perlu belajar bagaimana melakukannya secara kontributif.

Di sinilah letak leverage sebenarnya. Saatnya untuk dengan berani membayangkan kembali apa yang mungkin dalam pendidikan – dan mempersiapkan kaum muda untuk masa depan yang berkembang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *