Peluang Usaha: Kota Bandung Cocok untuk Berbagai Jenis Bisnis

Webinar Bisnis BandungKatalis.netKota Bandung cocok untuk berbaga jenis usaha, terutama kuliner dan jasa.  Ibu kota Provinsi Jawa Barat ini memiliki potensi besar dalam mengembangkan berbagai bisnis, baik berupa produk barang maupun jasa pelayanan.

Demikian dikemukakan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, dalam webinar atau seminar online, Jumat (25/9/2020).

Webinar bisnis bersama Grab ini dengan tema “Bandung Raoseun untuk Usaha” ini diikuti 1.400 orang peserta.

Oded memberikan motivasi kepada para enterpreneur muda agar percaya diri membangun usahanya sendiri. Ia satunya mendorong agar mereka menjaga mutu produk atau layanan serta kompetensi individu.

“Saya masih ingat dulu zaman Pak SBY saat masih jadi presiden dalam pidatonya jelang purnabakti pernah menyatakan Bandung ini kota kreatif, terutama khususnya warganya,” ujarnya.

Baca Juga

Oded memaparkan posisi Kota Bandung bukan hanya sebatas ibu kota provinsi yang menjadi sentral pemerintahan, namun juga memiliki potensi besar dalam mengembangkan berbagai bisnis.

Ia mengaku sudah membuktikannya ketika meniti usaha di bidang perdagangan bahan pokok dan kuliner sebelum terjun ke dunia politik.

Dengan posisinya saat ini, ia membuka gerbang selebar-lebarnya kepada para pengusaha muda untuk berkolaborasi bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

“Oleh karena itu saya selalu mengajak mengakomodir kolaborasi dengan kaum milenial dan seluruh pelaku UMKM. Dibicarakan hari ini ‘Bandung Raoseun Kanggo Usaha’, memang sejak dulu bahkan suasana iklim usaha di Bandung yang memang sudah bagus,” jelasnya.

Wali kota mengungkapkan, sejumlah rahasia sukses dalam membangun usaha. Faktor utamanya, yakni menjaga kualitas produk barang atau jasa layanan yang diberikan agar memiliki daya saing dan memberikan kepuasan kepada konsumen.

Ia juga meminta agar para pengusaha terus berusaha meningkatkan kompetensinya dalam berbisnis. Pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) inilah yang menjadi salah satu konsentrasinya dalam memimpin Kota Bandung dengan dituangkan lewat visi Bandung Unggul.

“Kalau ingin laris, usaha itu hanya dua. Pertama, itu kalau punya produk itu produknya harus unggul. Kedua, produk unggul akan cepat laku kalau dijual oleh penjual yang berkualitas,” jelasnya.

Oded mengajak kepada masyarakat agar jangan ragu memulai usaha. Terlebih jika mengingat masih banyak potensi yang bisa dikembangkan di Kota Bandung.

“Mudah-mudahan hal ini terbentuk. Makanya hayu sasarengan jeung Mang Oded naon oge di Bandung mah insyaallah laku,” katanya dilansir laman resmi Humas Kota Bandung.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *