Pariwisata dan Pembangunan Desa yang Berkelanjutan

“Pariwisata membantu masyarakat pedesaan mempertahankan warisan alam dan budaya yang unik, mendukung konservasi, termasuk melindungi spesies yang terancam punah, tradisi atau rasa yang hilang.” (Sekjen UNWTO – Zurab Pololikashvili)

 

Pariwisata dan Pembangunan Desa yang Berkelanjutan
pixabay

Katalis.net —¬†Pariwisata dan Pembangunan Desa menjadi tema yang sangat relevan saat ini ketika kita sedang menghadapi krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pandemi COVID-19 telah membuat dunia terhenti. Sektor kita termasuk yang paling terpukul dengan jutaan pekerjaan berisiko.

Pariwisata telah terbukti menjadi jalur kehidupan bagi banyak komunitas pedesaan. Namun, kekuatan sebenarnya masih harus dikerahkan sepenuhnya. Sektor ini tidak hanya menjadi sumber utama lapangan kerja, terutama bagi perempuan dan pemuda.

Dalam sambutannya secara global, Sekjen UNWTO Zurab Pololikashvili mengatakan, “Krisis ini merupakan kesempatan untuk memikirkan kembali sektor pariwisata dan kontribusinya bagi manusia dan planet,

Baca Juga

sebuah kesempatan untuk membangun kembali dengan lebih baik menuju pariwisata yang lebih berkelanjutan, inklusif dan tangguh.”

Zurab menambahkan, sebagai sektor lintas sektor utama, pariwisata berkontribusi secara langsung atau tidak langsung pada semua Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Memanfaatkan pariwisata sebagai pendorong pembangunan pedesaan, akan membuat komunitas global tetap pada jalurnya untuk mencapai Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan, untuk manusia dan planet.

Kini sudah saatnya kita mendorong dan mendukung sektor pariwisata yang memberikan dampak secara langsung terhadap perekonomian desa.

3 Cara Wisatawan Dapat Mendukung Bisnis Lokal

Apa pun gaya liburan yang Anda pilih, carilah cara untuk mendukung restoran lokal yang berada disekitar lokasi wisata. Karena uang yang Anda keluarkan akan disalurkan tidak hanya ke restoran, operator tur, atau penjaga toko.

Uang yang Anda belanjakan akan kembali masuk ke masyarakat lokal, serta mengirimkan geliat dukungan ekonomi ke seluruh rantai pasokan lokal bisnis.

Berikut tiga cara untuk turut berkomitmen menyisihkan lebih banyak uang ketika Anda berlibur :

  1. Makanlah di restoran milik lokal setidaknya sekali selama Anda berada dilokasi wisata.
  2. Ikuti tur jalan kaki menggunakan pemandu lokal di setiap destinasi yang Anda kunjungi.
  3. Beli suvenir buatan lokal di tempat tujuan Anda yang diproduksi penduduk setempat.

Tidak ada kekurangan kesempatan untuk membelanjakan uang Anda ke perekonomian lokal. Mulai saat Anda meninggalkan rumah, Anda memiliki kesempatan untuk membuat pilihan pengeluaran yang secara langsung berdampak pada perekonomian lokal.

Memberdayakan wirausahawan lokal dan mendorong masyarakat lokal berarti mendukung pertumbuhan ekonomi lokal atau pedesaan.

Dibutuhkan komitmen yang kuat dan tindak lanjut untuk memastikan bahwa kita membuat keputusan mendorong dan mendukung sektor pariwisata yang dapat membangun perekonomian desa.

Selamat Hari Pariwisata Dunia 2020 !

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment