Menyatukan Budaya ala Herbal House

venue : Herbal House by The Lodge – Dago Bandung

Katalis.net — Indonesia terkenal dengan ragam budayanya. Bahasa, makanan, pakaian hingga bangunannya. Hal inilah yang menginspirasi CEO The Lodge Group, Heni Smith,  untuk membuat rangkaian event berbalut budaya.

Event yang bertajuk Pameran Photo dan Sejarah Kehidupan Menak Dago Baheula ini dimulai dengan pameran photo yang menampilkan foto-foto bangunan lama sekitaran daerah Dago.

Foto rumah ini didapatkan dari tetangga-tetangga sekitaran cafe Herbal House by The Lodge saat ini.

“Inspirasi membuat pameran foto ini karena bangunan Herbal House sendiri adalah bangunan lama, serta banyak dari tamu-tamu yang datang ke cafe Herbal House serasa diingatkan memorinya pada zaman dahulu,” kata Heni.

Tidak hanya itu, Heni pun ingin mengedukasi para pemilik bangunan heritage untuk melestarikan warisan ini supaya tidak beralih fungsi.

Adakah Event Selain Pameran Foto?

Selain pameran foto, ada pula talkshow menarik tentang bedah foto-foto jadul ini bersama ketua Bandung Heritage Aji Bimarsono.

Dilanjutkan dengan talkshow Sejarah Tata Kota dan Arsitektur Kota Bandung bersama Ir. Bernadus Djonoputro dan IAI Chapter Jawa Barat. Serta talkshow Sejarah Dago Bandung bersama Pakar Sejarah Bandung Ryzki Wiryawan.

Fashion show “Tatangga Jadoel”

Rangkain acara ini ditutup dengan acara fashion show bertemakan “Tatangga Jadoel”.

Yang menarik, sebagian model yang tampil menggunakan busana karya Deden Siswanto ini adalah ibu-ibu dan bapak pemilik rumah di sekitaran cafe Herbal House sekitaran Dago – Bandung. Tujuannya untuk menunjukkan kebersamaan itu indah dan mengakrabkan sesama tetangga.

Dengan mengusung semangat dari The Lodge Foundation yang bergerak di 3 bidang yaitu bidang pendidikan, lingkungan hidup dan seni budaya, ke depan akan lahir lagi event-event yang serupa.

“Bayangkan klo kita menyatukan budaya dalam suatu event atau kehidupan kita, maka akan terjadi hal yang sangat luar biasa. Maka dari itu, cintailah budaya Indonesia.” demikian Heni menutup perbincangan dengan Tim Katalisnet. (TRK)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *