Mengapa Diskusi Disebut sebagai Prinsip Orang Sukses?

agus santosoOleh Agus Santoso *

Selain olahraga, berdiskusi juga ternyata bisa mencerdaskan otak. Lho, kok bisa?

Pernahkah Anda, ketika berpikir sendiri, ide-ide terasa mentok? Tapi, tiba-tiba “mendadak cerdas” ketika berdiskusi dengan teman yang “klik” satu frekuensi.

Ada apa ini? Inilah satu gejala yang saya alami yang saya sebut “interaction booster”! Artinya, satu kondisi dalam sebuah diskusi mengasyikkan yang dilandasi niat baik dan harmoni untuk mencari solusi.

Saat itulah akan hadir energi ketiga yang disebut “inteligensi tingkat tinggi”! Tiba-tiba saja mengalir deras pemikiran baru dan seolah menjadi lebih cerdas dari biasanya.

Baca Juga

Tak percaya? Atau Anda juga pernah merasakan pengalaman ini?

Ajaib, seolah tak sadar akan kehebatan ide-ide brilian yang tiba-tiba saja muncul. Tiba-tiba saja melintas ide-ide hebat yang sebelumnya tak terpikirkan.

Nah, “keajaiban diskusi” ini telah diungkap puluhan tahun silam. Napoleon Hill (1937) pernah melalukan riset terhadap 500 pebisnis sukses!

Hasilnya, ditemukan salah satu prinsip orang sukses adalah “konsep diskusi” yang disebut mastermind. Inilah rahasia kehebatan mastermind. Orang-orang hebat dan sukses kelas dunia memiliki kelompok mastermind.

Henry Ford bersama Thomas Alva Edison dan Harvey Firestone. Bill Gates dan Steve Jobs pun aktif dalam kelompok mastermind.

Dalam sebuah kelompok diskusi yang cair dan positif, selain mendapatkan pencerahan ide-ide pemikiran dari teman, kita juga bisa mendapatkan lintasan pencerahan dari pemikiran sendiri.

Ini yang tak bisa didapatkan ketika berpikir seorang diri. Ada stimulasi energi pemikiran besar yang muncul saat dalam suasana diskusi.

Brian Tracy, guru bisnis legendaris mengatakan, “Dalam sebuah diskusi mastermind, ada kekuatan pemikiran kolektif yang disebut over soul yang muncul pada diri setiap peserta diskusi”.

So, salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan diri, khususnya dalam mengeksplorasi ide-ide baru, lakukanlah diskusi yang memiliki kesamaan frekuensi!

Diskusi disa dilakukan bersama tim dalam perusahaan masing-masing atau bersama para entrepreneur dalam sebuah FGD, dll. Dari sana, bisa jadi lahir ide-ide hebat yang menggetarkan dunia!

Salam Sukses Melangit!

* Agus Santoso, Digital Marketer, Founder MJB (Mitra Jutawan Berdaya), Founder Sekolah Bisnis GIMB Entrepreneur School, Founder GIMB (Gerakan Indonesia Muda Berbisnis), penulis buku 9 Kunci Sukses Enterpreneur.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *