Manfaat Podcasting: Mengapa Anda Harus Membuat Podcast Saat Ini

Manfaat Membuat Podcast
Manfaat Podcast bagai Bisnis (Voices)

Katalis.netPodcast kian digemari pengguna internet. Podcast adalah seri audio digital yang berisi berbagai pembahasan yang dapat didownload atau didengarkan secara streaming oleh pengguna.

Podcast dianggap sebagai generasi konten audio setelah radio yang kejayaannya kian pudar.

Podcast dapat didengar melalui situs internet maupun aplikasi pada telepon genggam sehingga bisa dinikmati kapan pun dan di mana pun.

Pendiri Apple, Steve Jobs, yakin podcast adalah konten dibutuhkan orang di masa depan. Pada 2005, ia mengumumkan podcast sudah dapat dinikmati di iTunes. Ia mengatakan, podcast adalah generasi radio selanjutnya.

Apa yang dikatakan Steve Jobs ternyata benar. Peminat podcast meningkat dengan sangat pesat.  Menurut laporan Podcast Consumer 2018 dari Edison Research yang dikutip dari Forbes, lebih dari 80 juta orang Amerika kini rutin mendengarkan podcast dan 26% orang Amerika sekarang adalah pendengar bulanan.

Baca Juga

Orang Amerika suka mendengarkan podcast, baik itu hiburan, olahraga atau cuaca dan mereka mendengarkan di rumah, saat bepergian atau menjalani latihan. Hal itu memang menjadi salah satu keunggulan konten podcast yang flexible.

Radio kembali jaya di udara, namun dalam format kekinian: Podcast!

Itulah mengapa Anda harus memulai Podcast. Bisnis Anda memerlukannya untuk eksis dan tetap bersaing. Personal pun harus membuat serial Podcast guna personal branding dan online presence.

Saatnya Anda Membuat Podcast

Di dunia bisnis, Podcast dapat menjadi alat yang berharga untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) Anda.

Jika Anda menjalankan bisnis atau memiliki merek yang ingin Anda bangun, penting untuk melihat semua cara berbeda yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan audiens Anda.

Teknologi menambah banyak cara untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan, karena selalu ada cara baru untuk menjangkau orang dan menarik perhatian mereka.

Podcast adalah salah satu outlet baru yang menyediakan cara terbaik bagi bisnis untuk terhubung dengan audiens mereka.

Popularitas podcast sedang meningkat dan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Penelitian oleh The Infinite Dial menemukan bahwa ada 51 juta pendengar podcast di Amrika Serikat. Jenis media ini tidak akan kemana-mana dan terus menjadi metode populer untuk berbicara kepada audiens tentang topik niche dan industri yang berbeda.

Podcast bahkan dapat mengubah topik yang paling biasa menjadi pengalaman belajar menarik yang ingin diketahui lebih banyak orang.

Ini hanyalah sebagian dari alasan mengapa mereka sangat efektif untuk bisnis dan merek.

Penelitian menunjukkan, 15% orang di Amerika mendengarkan podcast setidaknya sekali seminggu. Dengan pemirsanya yang terus bertambah, ada banyak ruang bagi podcast Anda untuk mendapatkan daya tarik dan meraih kesuksesan.

Alasan Mengapa Harus Membuat Podcast

Di antara alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk memulai podcast saat ini juga:

  • Menarik perhatian audiens Anda.
  • Menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi.
  • Membantu Anda membangun dan memelihara koneksi jaringan yang penting.
  • Membuka kemungkinan finansial baru.
  • Memungkinkan Anda memosisikan diri Anda sebagai pemimpin dalam industri Anda.

Berikut adalah beberapa hal spesifik tentang setiap alasan.

1. Podcast menarik perhatian audiens Anda.

Jika Anda memiliki entri blog yang memakan waktu lebih dari, katakanlah, 10 menit untuk dikonsumsi orang, kemungkinan besar mereka tidak akan terus membaca sampai akhir.

Menurut Salesforce, 3% pendengar hanya akan mendengarkan awal podcast, sedangkan 42% akan mendengarkan sepenuhnya.

Orang-orang menyukai informasi yang mudah dikonsumsi dan tidak suka terlalu lama memikirkan satu bagian teks, yang merupakan salah satu alasan mengapa mendengarkan podcast memungkinkan Anda melibatkan audiens untuk jangka waktu yang lebih lama.

Orang-orang terbiasa melakukan dan mengadakan percakapan, dan podcast sangat mirip dengan percakapan yang Anda dengarkan.

Anda terbiasa dengan berbagai suara yang membantu Anda memvisualisasikan apa yang dikatakan orang tersebut. Selain itu, sebagian besar podcast menambahkan elemen storytelling ke konten mereka, yang membuatnya semakin menyenangkan untuk didengarkan.

Salah satu tipsnya adalah menambahkan anekdot pribadi ke dalam podcast Anda jika memungkinkan sehingga audiens Anda dapat mengenal Anda lebih baik sebagai pribadi.

2. Podcast menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi.

Podcast sangat bagus karena audiens Anda mendapat kesempatan untuk mendengar suara Anda dan memahami pola berpikir Anda tentang apa pun topik Anda.

Memiliki kesempatan untuk mendengar orang di balik ide adalah cara yang bagus untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi untuk audiens Anda, ditambah lagi memungkinkan mereka untuk mengenal Anda lebih dalam.

Dengan teks, orang tidak dapat menguraikan emosi Anda, dan beberapa elemen seperti nada suara, sarkasme, dll., dapat hilang.

Namun, ketika orang mendengar suara Anda, jauh lebih jelas: nada bicara Anda, sarkasme, humor, kecerdasan, dan banyak lagi. Podcast membantu Anda membangun hubungan emosional dengan audiens target Anda.

3. Membangun dan memelihara jaringan yang penting.

Mirip dengan posting tamu (guest post), Anda dapat menggunakan podcast Anda untuk menampilkan pembicara tamu yang berbagi pemikiran, pengalaman, dan keahlian mereka tentang topik tertentu.

Membutuhkan banyak pekerjaan untuk merencanakan dan menjalankan podcast. Mengundang pembicara tamu di acara Anda adalah cara yang bagus untuk memaparkan audiens Anda kepada pakar industri yang berbeda serta mendapatkan opini dan wawasan yang berbeda tentang topik tertentu. (Plus, ini menghemat waktu dan tenaga Anda dalam merencanakan dan merekam podcast Anda.)

Memiliki pembicara tamu adalah cara yang bagus untuk membangun koneksi jaringan karena ada kemungkinan besar mereka akan mengundang Anda ke acara mereka sebagai balasan. Ini akan menyebarkan kesadaran merek dan mengekspos Anda ke audiens baru dalam ceruk pasar Anda.

Saat memutuskan siapa yang harus Anda miliki di podcast Anda, buat daftar tamu yang kredibel, menarik, dan menarik yang ingin Anda tampilkan dan jangkau sebanyak mungkin.

Beri tahu mereka mengapa Anda yakin mereka akan cocok untuk podcast Anda, dan pastikan mereka setuju dengan Anda karena Anda baru dan memiliki audiens yang lebih sedikit.

4. Mereka membuka kemungkinan finansial baru.

Dalam studi kasus baru-baru ini, agen real estat yang berubah menjadi pengusaha John Lee Dumas mampu meningkatkan pendapatan dari podcastnya, Entrepreneur on Fire, menjadi $46.000 sebulan.

Namun, ini tidak terjadi begitu saja. Dumas membuat strategi yang memberikan informasi berharga dan berwawasan secara gratis kepada audiens targetnya.

Dia memutuskan untuk mengajari pendengarnya cara membuat podcast mereka sendiri yang menghasilkan pendapatan sehingga lebih dari sekadar hobi. Dalam melakukannya, ia mampu membangun audiens organik pendengar yang benar-benar menikmati kontennya dan mendengarkan atas kemauan mereka sendiri.

Contoh seperti ini umum untuk pembuat podcast jika mereka membuat konten dengan mempertimbangkan audiens mereka.

Jika Anda tahu siapa yang Anda layani, membuat konten yang relevan dengan minat pasar sasaran Anda akan mudah, karena Anda akan memiliki semua informasi yang diperlukan untuk menentukan poin kelemahan mereka dan menyelesaikan masalah mereka.

Ada beberapa cara berbeda untuk menghasilkan uang melalui podcast Anda.

  • Anda dapat meminta sponsor untuk ditampilkan di podcast Anda sehingga mereka mendapat eksposur ke audiens Anda.
  • Anda dapat membuat iklan yang memikat pendengar untuk melihat berbagai produk dan layanan yang relevan dengan kebutuhan mereka.
  • Anda juga dapat menggunakan podcast Anda sebagai kesempatan untuk mempromosikan produk dan layanan Anda sendiri dan memberi tahu pengguna mengapa mereka berguna bagi mereka.

5. Leading di industri

Podcast memungkinkan Anda untuk meposisikan diri Anda sebagai pemimpin dalam industri Anda.

Jika Anda dapat mengumpulkan cukup pendengar dan koneksi jaringan, Anda akan dianggap sebagai pakar dalam industri Anda.

Orang akan melihat perhatian podcast Anda dan mencari saran, pendapat, dan pemikiran Anda. Jika itu menarik lebih banyak peringkat, pendengar, dan perhatian, pengunjung baru akan melihat ini sebagai hal positif, dan mereka akan lebih cenderung memberi acara Anda kesempatan.

Putar strategi pemasaran konten Anda di sekitar konten yang berharga bagi audiens Anda pertama dan terutama.

Pastikan untuk menghadirkan ide-ide baru dan segar ke meja di podcast Anda.

Jangan membuatnya hanya tentang mendongeng atau konten teknis. Ikat elemen yang berbeda sehingga Anda mencakup semua area niche Anda dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

Ada begitu banyak alasan mengapa Anda harus mengambil risiko dan membuat podcast saat ini.

Podcast membantu Anda menyebarkan ide ke dunia dengan cara baru yang disukai orang.

Anda dapat menarik perhatian audiens Anda untuk jangka waktu yang lebih lama, menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi, membangun koneksi jaringan yang berharga, dan menghasilkan pendapatan yang layak.

Terakhir, ini memosisikan Anda sebagai pakar di bidang Anda sehingga pendengar baru dapat mencari wawasan dan ide baru kepada Anda. (Business)

Siap membuat Podcast? Kini hadir Katalis Professional Podcast Studio. Kontak Tim Katalis!

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment