Makna Logo Hari Jadi ke-210 Kota Bandung

Makna Logo Hari Jadi ke-210 Kota Bandung
Sumber gambar Humas Kota Bandung

Katalis.net — Jumat 25 September ini Kota Bandung berusia 210 tahun. Kota yang pernah terpilih sebagai salah satu kota paling aman di dunia berdasarkan survei majalah Time ini, secara resmi mengeluarkan mengeluarkan logo dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-210.

Tema Hari Jadi Kota Bandung ke-210 yaitu “Dengan Semangat Inovasi dan Kolaborasi, Kota Bandung Bergerak Melawan Pandemi COVID-19” sementara taglinenya “Bersama Kita Tangguh.”

Filosofi Logo

Desain logo Hari Jadi Kota Bandung ke-210 menggambarkan sisi ketangguhan, kekokohan dan persatuan Kota Bandung lewat angka 1 yang dibentuk oleh ujung atas jembatan pasopati.

Adanya inovasi dan kolaborasi digambarkan oleh lengkungan di angka 2 juga 0.

Sementara warna kuning menggambarkan kewibawaan, hijau menggambarkan Bandung yang segar dan penuh inovasi serta warna merah yang berani melawan Covid-19.

Baca Juga

Desain ini merupakan hasil karya yang melalui serangkaian proses serta diskusi bersama dengan berbagai macam pihak seperti praktisi desain, akademisi juga seniman di Kota Bandung.

Penetapan 25 September Sebagai Hari Jadi Kota Bandung

Perayaan Hari Jadi Kota Bandung sempat diperingati setiap 1 April. Tanggal tersebut mengambil momen saat dikeluarkannya surat oleh Gubernur Jenderal J.B. Van Heutz pada 1 April 1906.

Surat tersebut menetapkan status Kota Bandung ditingkatkan menjadi Pemerintah Kota (Gemeente), dan sejak itulah Kota Bandung resmi lepas dari Kabupaten Bandung.

Penetapan tanggal tersebut sesuai dengan tanggal saat Herman Willem Daendels menyetujui usulan Bupati Wiranatakusumah II untuk memindahkan ibu kota Kabupaten Bandung pada tahun 1810.

Kota Bandung mulai dijadikan sebagai kawasan permukiman sejak pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Penetapan itu ditandai dengan terbitnya surat keputusan tanggal 25 September 1810 tentang pembangunan sarana dan prasarana untuk kawasan yang sekarang menjadi wilayah Kota Bandung.

Melalui Gubernur Jenderal saat itu Herman Willem Daendels. Dikemudian hari peristiwa ini diabadikan sebagai hari jadi kota Bandung.

Pada tahun 1998 melalui penelitian dan kajian mendalam, akhirnya HUT Kota Bandung ditetapkan pada tanggal 25 September.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *