Komunitas Digital, Strategi Pemasaran Efektif

Komunitas Digital, Strategi Pemasaran Efektif
Pixabay

Katalis.net —┬áKomunitas digital dengan cepat menjadi sumber kehidupan organisasi karena semakin banyak perusahaan yang beralih ke digital dan remote.

Artikel terbaru dari Wall Street Journal menemukan bahwa orang menghabiskan hingga 16 jam sehari di media digital.

Dengan begitu banyak pilihan, satu kesamaan yang dicari banyak orang adalah hubungan yang tulus dengan orang dan merek yang memiliki minat dan nilai yang sama.

Konsep komunitas tidak selalu berwujud. Komunitas dapat berbentuk forum, halaman media sosial, grup pribadi, atau, dalam beberapa kasus, campuran dari masing-masing forum.

Komunitas terbaik dibangun secara organik dari waktu ke waktu dan dapat digunakan sebagai saluran pemasaran yang kuat dan orisinil.

Baca Juga

Pemasaran komunitas hemat biaya dan berdampak

Manajemen komunitas dan pemasaran lebih dari sekedar strategi. Ini tentang berfokus pada pengguna dan mengembangkan aktivitas serta tindakan.

Pemasaran komunitas mencakup siaran streaming, webinar, serta mendengarkan dan keterlibatan sosial. Penting untuk dicatat bahwa membangun komunitas bukanlah tugas dalam semalam, dibutuhkan pengujian dan kesabaran.

Membangun komunitas membutuhkan waktu dan hal itu sepadan. Hubungan pribadi dengan komunitas sangat penting untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Menanggapi masalah dan merespon balik menjadi tindakan yang membutuhkan kolaborasi kuat dengan dukungan pelanggan dan tim produk.

Keterlibatan komunitas memberi perusahaan orisinalitas dan loyalitas

Cara terbaik untuk menciptakan komunitas yang bermakna adalah dengan tetap autentik. Transparansi membangun kepercayaan, baik antara perusahaan dan pengguna maupun dalam basis pengguna.

Interaksi sangat penting dan “memungkinkan pelanggan memiliki hubungan pribadi dengan perusahaan yang berarti keterlibatan dan loyalitas yang lebih tinggi.

Pemasaran komunitas membutuhkan pengetahuan tentang apa yang dibutuhkan dan dipedulikan pelanggan Anda, dan apa yang juga tidak mereka pedulikan.

Pada akhirnya, fokuslah pada pelanggan untuk memberikan produk dan layanan yang mereka inginkan, butuhkan, dan akan sukai.

Pemasaran komunitas yang kuat menghadirkan aktivasi dan inovasi merek

Pemasaran komunitas digital yang kuat mengaktifkan merek dengan membawa lebih banyak kesadaran dan eksposur yang lebih bermakna serta pengalaman dari pelanggan.

Menurut Nielsen, 92 persen pelanggan lebih percaya saran dari teman dan keluarga daripada iklan. Pemasaran dari mulut ke mulut adalah alat pemasaran paling ampuh yang dapat dimiliki perusahaan karena berasal dari pengguna, bukan iklan atau perusahaan secara langsung.

Di dunia pertukaran aset digital, persaingan sangat ketat, dan pengguna tidak kekurangan pilihan. Di sinilah aktivasi merek dapat menjadi pembeda penting.

Pemasaran komunitas yang kuat juga akan menciptakan hubungan yang lebih menarik dan emosional dengan pelanggannya yang pada akhirnya membantu mengaktifkan merek.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *