Kegiatan Ekonomi, Inilah Penjelasannya

Kegiatan Ekonomi, Inilah Penjelasannya
pixabay

Katalisnet — Kegiatan ekonomi secara sadar atau tidak dilakukan oleh semua orang. Namun sadarkah bahwa masih sedikit yang memahamai apa itu kegiatan ekonomi?

Ekonomi adalah ilmu sosial yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa.

Ini adalah studi tentang bagaimana individu, bisnis, pemerintah dan negara membuat pilihan dalam mengalokasikan sumber daya untuk memotivasi kebutuhan dan keinginan mereka.

Mencoba untuk menentukan bagaimana kategori ini harus mengumpulkan dan menghubungkan upaya untuk mencapai hasil yang maksimal.

Analisis ekonomi tentu saja maju melalui prosedur analitis, seperti logika matematika, di mana dugaan berbagai aktivitas manusia digambarkan dalam struktur “sarana-berakhir”.

Baca Juga

Apa Kegiatan Ekonomi?

Kegiatan menyediakan, membuat, membeli atau menjual komoditas atau jasa oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Setiap aktivitas yang mencakup pembuatan, pendistribusian, atau penggunaan produk atau layanan.

Kegiatan yang melibatkan uang atau pertukaran produk atau jasa adalah aktiftas ekonomi. Ketiga jenis aktifitas ekonomi tersebut adalah.

Bisnis –¬†Aktifitas ekonomi ini menyediakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Profesi –¬†Ini juga dapat didefinisikan sebagai pekerjaan atau pekerjaan profesional yang menawarkan layanan khusus dengan imbalan biaya profesional.

Ketenagakerjaan –¬†Aktivitas didasarkan pada kontrak antara perusahaan dan karyawan. Di sini, karyawan melakukan tugas untuk perusahaan, dan dibayar (upah atau gaji) sebagai imbalannya.

Fitur Kegiatan Ekonomi

  • Motif penghasilan
  • Pembuatan utilitas
  • Kepuasan
  • Pengukuran

Apa itu Organisasi Kegiatan Ekonomi?

Bisa didefinisikan sebagai – ‘Semua aktifitas ekonomi diatur melalui pasar.

Pasar adalah organisasi yang mengatur interaksi bebas individu mengikuti pengejaran ekonomi masing-masing. Harga barang dan jasa secara kolektif disetujui oleh pembeli dan penjual. ‘

Masalah mendasar dapat diselesaikan dalam organisasi aktifitas ekonomi dengan interaksi bebas dari individu yang mengejar tujuan mereka sendiri seperti yang dilakukan di pasar atau dengan cara yang terorganisir oleh beberapa kekuatan pusat seperti pemerintah.

Jenis Organisasi Kegiatan Ekonomi

  • Ekonomi Terencana Terpusat
  • Ekonomi pasar
  • Ekonomi Terencana Terpusat

Perekonomian terpusat dapat didefinisikan sebagai – ‘Struktur ekonomi di mana pemerintah atau negara bagian mengambil resolusi atau keputusan ekonomi alih-alih keputusan ini diambil oleh interaksi antara pelanggan dan entitas.’

Ekonomi pasar dapat didefinisikan sebagai – ‘Sebuah struktur ekonomi di mana keputusan ekonomi dan kebijakan harga barang dan jasa dipimpin secara mutlak oleh interaksi komprehensif dari setiap warga negara dan entitas. Ada sedikit keterlibatan pemerintah atau pengorganisasian pusat. ”

Apa itu Kegiatan Non-Ekonomi?

Kegiatan non ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memberikan jasa kepada orang lain tanpa mempertimbangkan keuntungan finansial.

Aktivitas yang dimulai untuk konten pribadi atau untuk memenuhi sentimen manusia adalah aktivitas non-ekonomi.

Beberapa contoh umum dari kegiatan non-ekonomi adalah

Aktivitas Waktu Bebas – Tujuannya hanya untuk mendapatkan kesenangan di waktu menganggur. Misalnya melukis dan menyanyi, dll.

Aktivitas Komitmen Keluarga – Aktivitas ini didedikasikan dan terinspirasi oleh keluarga. Misalnya, seorang guru menawarkan pendidikan untuk anaknya sendiri di rumah dan seorang dokter berkonsultasi dengan keluarganya, dll.

Kegiatan Budaya dan Keagamaan – Kegiatan tersebut mencakup kebahagiaan dan kepuasan mental. Contoh, mis. menyembah Tuhan dan mengunjungi kuil, dll.

Kegiatan Kesejahteraan Sosial – Didasarkan pada perasaan senang membantu atau bersimpati kepada orang lain. Seperti donasi kepada yang kurang mampu, partisipasi dalam kamp bantuan untuk membantu orang yang terkena dampak perang, bencana alam, dll.

Ciri-ciri Kegiatan Non Ekonomi

  • Motif layanan
  • Kepuasan diri
  • Tidak diukur dalam uang
  • Kewajiban sosial

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment