Humas Online: Strategi Public Relations Efektif Era Digital

Humas Online

Humas Online atau Cyber Public Relation (PR) adalah aktivitas kehumasan di internet atau menggunakan media oline. Dalam Cyber PR, praktis humas melakukan komunikasi daring (online).

Dalam kondisi media digital saat ini, konsumen  atau klien dapat dengan mudah mengakses konten dari internet.

Maka dari itu, menjaga brand agar tetap relevan dan diterima dengan baik bisa menjadi hal yang menyebalkan.

Kegiatan Humas Online

Julius Bob Onggo dalam buku Cyber Public Relation (2004) menyampaikan beberapa strategi dalam menggapai publisitas melalui internet.

Baca Juga

Publisitas tersebut diantaranya adala publisitas melalui email, publisitas melalui kartu nama elektronik, publisitas lewat autoresponder, publisitas melalui komunitas online, publisitas melalui milis (mail list), serta publisitas melalui ezine (electronic newsletter).

Widodo Aryanto dan Rita Silva dalam buku Panduan Praktisi Public Relation (2009) mengemukakan banyak aktivitas Cyber PR yang bisa dilakukan untuk memperkuat reputasi instansi.

  1. Public Relations dapat membuat website sehingga target audiens bisa memperoleh informasi sesuai dengan keinginan mereka.
  2. Menyediakan media kit online.
  3. Mengirimkan informasi secara reguler ke media dan pelanggan.
  4. Mengaitkan bisnis perusahaan dengan topik-topik actual sehingga memudahkan pelanggan menemukan produk atau jasa.
  5. Dalam kondisi krisis, perlu menciptakan akses informasi yang lebih cepat dari biasanya dengan media internet.
  6. Bergabung dengan kelompok diskusi online sehingga bisa memantau reputasi brand dan target potensial pasar.
  7. Membuat promosi online dan even yang bisa memberikan dimensi baru bagi pemasaran.
  8. Public Relations dapat memanfaatkan media internet untuk membangun hubungan yang baik dengan semua pemangku kepentingan.

Strategi Humas Online

Kebanyakan entrepreneur, terutama di bisnis kecil atau startup, seringkali mengabaikan pengembangan PR. Tapi sesibuk apa pun aktivitas Anda, Anda bisa melakukan tips humas online berikut ini.

1. Kembangkan Testimoni

Sebagai seorang entrepreneur, Testimoni adalah teman baik Anda. Jika dimanfaatkan dengan baik, Anda bisa meningkatkan brand visibility, kepercayaan user terhadap brand Anda, bahkan produk atau campaign Anda bisa
menjadi viral.

Anda dapat mengajak konsumen sebagai bagian dari PR Anda. Ajaklah user untuk membuat post tertulis dan video testimoni di sosial media mereka dan situs terkait. Anda juga bisa memberikan reward untuk feedback yang mereka berikan.

2. Maksimalkan Press Release

Jadwalkan press release ketika perusahaan Anda melakukan sesuatu yang layak diketahui oleh publik. Press Release dapat menjadi link eksternal untuk SEO, karena informasi yang bisa biasanya diunggah juga oleh situs berita yang kredibel.

Jika Anda sudah membuat dan mendistribusikan press release secara rutin, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapat PR value yang lebih.

Misalnya, Anda bisa mengunggah press release dalam bentuk blogpost. Anda juga bisa membuat interview dengan CEO sebagai feature.

3. Luangkan waktu 10 menit sehari

Terkadang, memantau news feed dan postingan media sosial dapat menjadi sesuatu yang melelahkan. Anda tidak sendiri. Daripada menyerah dan tidak peduli, coba luangkan 10 menit untuk men-scan news feed Anda, atau sekadar membalas post dari follower Anda.

Anda tidak akan bisa membalas semua post yang masuk. Setidaknya di mata konsumen, Anda terlihat sebagai brand yang peduli.

4. Fokuskan Usaha Anda

Mencoba menjangkau setiap demografi yang ada, terdengar sangat menggoda. Namun bagi entrepreneur yang sibuk seperti Anda, hal ini adalah hal yang sia-sia.

Alih-alih melakukan 20 cara dengan tingkat kesuksesan yang biasa saja, lebih baik anda melakukan satu atau dua cara dengan tingkat kesuksesan terbaik.

Contohnya, jika Anda sedang membangun lima akun sosial media yang berbeda. Anda bisa fokus di satu akun (dengan empat akun lain sebagai pendukung).

Dengan begitu, Anda akan mendapat target audience yang serupa dan audiens akan melihat brand Anda sebagai brand yang bersemangat, dan loyal.

5. Gunakan Kekuatan Influencer

Ini adalah salah satu cara untuk mengerjakan PR. Daripada menghabiskan waktu berjam-jam untuk menembus pasar baru, bertemanlah dengan influencer dan berkerjasama-lah dengannya.

Jika Anda mengenal opinion leader dengan jumlah following yang besar, Anda bisa “menitipkan” link press release Anda di salah satu postingannya. Atau jika Anda sudah memiliki hubungan baik, Anda bisa memintanya untuk membuat testimoni.

Dengan menjaga hubungan baik, secara tidak langsung Anda tidak hanya mendapatkan akses instan ke audience dari influencer tersebut, tapi juga meningkat brand visibility tanpa harus bersusah payah mengembangkan
campaign.

Demikian Tips Humas Online berupa Strategi Public Relations Efektif Era Digital yang dihimpun dari berbagai sumber.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *