Covid-19 Mendorong Transformasi Digital ke Garis Depan

covid-19 katalis transformasi digitalKatalis.net — Wabah Covid-19 adalah tragedi yang berdampak luas dan bertahan lama bagi kemanusiaan dan ekonomi global kita.

Ketika virus korona terus menyebar ke seluruh dunia, semakin banyak perusahaan akan kehilangan target keuangan mereka karena gangguan rantai pasokan dan permintaan pelanggan yang berkurang.

Juga tidak jelas berapa lama pandemi ini akan berlangsung, karena belum ada vaksin untuk memberantasnya, atau ada terapi yang disetujui untuk memperlambat jalannya penyakit pada tubuh manusia.

Yang harus jelas adalah bahwa Covid-19 akan berdampak drastis pada sebagian besar bisnis selama berbulan-bulan, mungkin bertahun-tahun.

Intinya: ini bukan acara jangka pendek sehingga bisnis harus bersiap untuk jangka panjang.

Baca Juga

Dengan pola pikir ini, sangat penting bagi perusahaan untuk membangun ketahanan operasional yang diperlukan untuk bertahan dari kenyataan baru ini.

Pandemi Covid-19 telah menunjukkan nilai teknologi informasi (TI) dan transformasi digital dan organisasi harus menggunakan waktu ini untuk mempercepat transisi.

Sebuah survei di 10 industri terkait dampak virus corona pada bisnis perusahaan menunjukkan, TI dan transformasi digital kian penting. Demikian pula langkah-langkah transformasi digital baru setelah wabah tersebut.

Tiga dampak negatif utama Covid-19 pada perusahaan adalah:

  1. Ketidakmampuan untuk mengunjungi pelanggan
  2. Penurunan signifikan pada kinerja penjualan
  3. Ketidakmampuan untuk melanjutkan produksi.

Tiga dampak positif teratas pada perusahaan adalah:

  1. Meningkatkan kemampuan perusahaan untuk kerja kolaboratif jarak jauh
  2. Pengakuan luas atas nilai transformasi digital dan teknologi informasi di antara semua karyawan
  3. Memperoleh kemampuan pemasaran online dan pengembangan bisnis.

“Nilai saluran digital, produk, dan operasi segera terlihat jelas bagi perusahaan di mana pun saat ini,” kata Sandy Shen, analis direktur senior, Gartner.

“Ini adalah seruan untuk organisasi yang telah menempatkan terlalu banyak fokus pada kebutuhan operasional sehari-hari dengan mengorbankan investasi dalam bisnis digital dan ketahanan jangka panjang. Bisnis yang dapat mengalihkan kapasitas teknologi dan investasi ke platform digital akan mengurangi dampak wabah dan menjaga perusahaan mereka tetap berjalan lancar sekarang, dan dalam jangka panjang. ”

Di negara-negara seperti Italia, di mana pembatasan lebih ketat, mereka telah melihat lonjakan dalam pembelajaran elektronik, streaming, dan belanja online.

Saat perusahaan berevolusi menjadi lebih digital, semakin banyak interaksi dengan pelanggan sekarang akan terjadi di layar daripada secara langsung.

Upaya transformasi digital ini dimulai dengan membuat akun baru secara online.

Verifikasi identitas digital adalah pahlawan tanpa tanda jasa dalam strategi transformasi digital organisasi karena perusahaan harus memverifikasi bahwa identitas digital seseorang cocok dengan identitas fisik mereka saat menjalankan bisnis online.

Pandemi mendorong peningkatan yang signifikan di perbankan, layanan keuangan, dan permainan online selama beberapa minggu terakhir.

Sayangnya, banyak perusahaan masih mengharuskan pengguna untuk mengunjungi toko atau kantor cabang untuk membuat akun baru atau melakukan transaksi rutin – semakin, ini akan menjadi mandat yang sulit karena banyak dari kita sekarang tinggal di rumah dan menjaga jarak sosial.

Organisasi yang memiliki web memungkinkan bisnis mereka berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk menghadapi pandemi ini, baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Transformasi digital mencakup banyak wilayah, tetapi dimulai dengan verifikasi identitas masuk akal karena memungkinkan perusahaan modern untuk mempersingkat perjalanan orientasi pelanggan.

Hal ini memungkinkan penggunanya untuk membuat akun baru dan bertransaksi dari smartphone dan komputer 24 × 7 tanpa harus menginjakkan kaki di dalam kantor cabang.

Selama beberapa tahun terakhir, pembukaan akun digital telah berada di urutan teratas daftar organisasi teknologi yang ingin ditambahkan atau diganti, tetapi Covid-19 mendorong transformasi digital ke garis depan. (Fintech Futures)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment