Cara Membuat Ruangan Kedap Suara dengan Karpet

Kita bisa menggunakan karpet untuk meredam suara atau membuat ruangan kedap suara. 

ruang kedap suara

Seorang Youtuber atau Podcster memerlukan sebuah kamar atau ruangan kedap suara. Tidak hanya kedap suara, tapi juga bebas echo —gema, gaung, atau pantulan suara.

Ada beberapa cara membuat ruangan kedap suara, salah satunya menggunakan karpet. Suara bisa memantul lewat permukaan keras. Pemasangan karpet dimaksudkan untuk meredam pantulan suara tersebut sehingga tak menimbulkan bising atau gema.

Karpet telah lama digunakan untuk meredam suara, termasuk di teater bioskop. Karenanya, untuk membuat ruangan kedap suara atau sekadar menghilangkan gema, sebarkan beberapa karpet di bagian-bagian ruangan Anda.

Gunakan karpet yang cukup tebal. Potongan karpet itu juga bisa digantungkan di sekeliling ruangan. Karpet yang tebal  dapat menyerap getaran dan gema, sehingga ia tidak merambat ke luar kamar.

Memasang Karpet di Dinding dan Lantai

Suara memantul melalui permukaan keras seperti dinding, lantai, dan plafon. Untuk meredamnya, pasang karpet di dinding dan di seluruh permukaan lantai.

Biar lebih kedap lagi, bisa ditambahkan tanaman. Daun dan batang pada tanaman memiliki kemampuan membiaskan, menyerap, dan “membelokkan kebisingan” di sekitarnya.

Jadi, segera kumpulkan beberapa tanaman dan mulailah mendekorasi rumah dengan menggunakan tanaman-tanaman tersebut.

Benda-benda berat dan padat juga dapat membantu mencegah suara masuk yang berlebih. Anda bisa menempatkan rak buku dan isilah dengan buku-buku atau pustaka pribadi Anda.

Itu dia cara mudah membuat ruangan kedap suara dengan menggunakan karpet yang dihimpun Katalisnet dari berbagai sumber.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *