Cara Membuat Podcast yang Benar dan Menarik

Panduan langkah demi langkah cara membuat podcast. Tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk membuat podcast daripada saat ini.

Pengertian Podcast

Katalis.netPodcast semakin populer, teknologinya lebih mudah dari sebelumnya, dan masih ada banyak peluang bagi podcast baru.

Lebih banyak orang yang mendengarkan podcast daripada sebelumnya.

Menurut Edison Research, jumlah orang Amerika yang mendengarkan podcast setiap minggu telah tumbuh 120% selama empat tahun terakhir, dan 90 juta orang Amerika mendengarkan podcast setiap bulan.

Baca Juga

Karena audiens podcast terus bertambah, tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk memulai podcast untuk bisnis, merek, atau hobi pribadi Anda.

Jika Anda mengikuti panduan ini, ini akan menjadi primadona Anda untuk meluncurkan podcast Anda sendiri dan memanfaatkan media baru yang menarik ini.

Apa yang membuat podcast berbeda?

Sebelum ke teknis Cara Membuat Podcast, pahami bahwa Podcast adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan yang tulus dengan audiens Anda.

Podcast memungkinkan Anda melibatkan audiens Anda dengan konten bentuk panjang yang unik. Podcast lebih nyaman daripada posting blog; orang dapat mendengarkan podcast saat mengemudi, berolahraga, atau hanya melakukan pekerjaan rumah.

Ada banyak ruang yang belum dijelajahi dalam industri podcasting. Setidaknya ada 600 juta blog, 23 juta saluran YouTube, tetapi hanya 800.000 podcast di Apple Podcasts.

Artinya untuk setiap podcast, ada 750 blog dan 29 channel YouTube. Cara Membuat Podcast berikut ini akan menambah jumlah podcast dan podcaster.

Cara Membuat Podcast

Berikut ini panduan langkah demi langkah cara membuat podcast yang benari dan menarik. Proses membuat podcast terangkum dalam branding, speaking, recording, editing, uploading, publishing, dan promoting.

Langkah 1: Kembangkan konsep podcast

Ini langkah awal dalam Cara Membuat Podcast. Ada podcast tentang sejarah, budaya pop, ilmu saraf, dan bahkan kota fiksi di mana alien berteman dengan Yeti. Satu-satunya batasan yang dapat Anda lakukan dengan podcast adalah imajinasi Anda sendiri.

Sebelum kita membahas pertanyaan tentang memilih nama podcast, format, dan durasi pertunjukan (show), mari pertimbangkan beberapa pertanyaan mendasar.

Untuk memulai, tanyakan pada diri Anda, “Mengapa saya memulai podcast?” dan “Tentang apa podcast saya?”

Setelah Anda menjawab mengapa dan apa, konsep selanjutnya akan diterapkan.

1. Identifikasi tujuan podcast Anda

Jadi, “mengapa Anda memulai podcast?” Dengan kata lain, “apa tujuan atau tujuan podcast Anda?”

Untuk membantu Anda memulai, berikut adalah beberapa tujuan umum dalam podcasting:

  • Untuk menghasilkan prospek untuk bisnis
  • Untuk diakui sebagai pemimpin dalam industri
  • Untuk membagikan pesan penting
  • Untuk bersenang-senang

Sangat membantu untuk menuliskan jawaban Anda sehingga Anda dapat merujuk kembali ke sana saat Anda mengembangkan konsep acara Anda.

2. Pilih tema atau topik podcast

Sekarang saatnya mencari tahu topik acara Anda. Topik Anda bisa seluas budaya pop atau fokus seperti diskusi tentang isu aktual atau berita viral saat ini.

Satu-satunya persyaratan adalah bersemangat tentang apa pun yang Anda pilih. Ini harus menjadi sesuatu yang ingin Anda teliti dan diskusikan secara teratur. Setelah Anda memiliki ide tentang apa yang akan podcast, saatnya untuk riset pasar.

Anda dapat mencari topik acara Anda di Apple Podcasts (sebelumnya iTunes) untuk melihat apakah sudah ada podcast dalam genre tersebut.

Jika ada, dengarkan beberapa episode untuk melihat apa yang mereka lakukan dengan baik dan pikirkan cara untuk memperbaikinya.

3. Beri nama podcast Anda

Saat memilih nama podcast, coba pilih sesuatu yang menarik, mudah diingat, mudah diucapkan, dan itu akan memberi peringkat untuk kata kunci podcast Anda yang relevan.

Inilah saran Apple untuk memilih judul yang bagus untuk pertunjukan Anda:

  • Perhatikan baik-baik judul, penulis, dan tag deskripsi di tingkat dan podcast Anda.
  • Apple Podcasts menggunakan bidang judul, penulis, dan deskripsi untuk pencarian.
  • Metadata untuk podcast Anda, bersama dengan gambar sampul (cover art) podcast Anda, adalah kemasan produk Anda dan dapat memengaruhi apakah podcast Anda muncul dalam pencarian yang relevan, dan seberapa besar kemungkinan pengguna untuk berlangganan.
  • Buat judul Anda spesifik.

4. Gunakan kata kunci, tanpa berlebihan

Anda tidak ingin mengisi judul Anda dengan kata kunci (keywords), tetapi Anda ingin memudahkan orang menemukan podcast Anda.

Jika Anda memiliki nama podcast satu atau dua kata, tambahkan deskripsi singkat di tag judul untuk membantu hasil pencarian.

Berikut ini beberapa contoh:

  • Akimbo: Podcast dari Seth Godin. Kebanyakan orang yang mencari podcast ini mungkin akan mencari Seth Godin. Jadi penting untuk memasukkan namanya dalam judul.
  • Syntax – Tasty Web Development Treats. Mungkin tidak banyak orang yang mencari “Syntax” di Apple Podcasts (kecuali mereka sudah mendengar acara ini). Dengan menambahkan “suguhan pengembangan web yang menarik,” podcast dapat muncul jika seseorang menelusuri “Pengembangan Web”, yang secara signifikan akan meningkatkan kemungkinan ditemukan oleh calon pendengar.

5. Jangan dulu membuat artwork (sapul) podcast!

Meskipun kita sedang melakukan persiapan podcasting, kami menyarankan untuk menunda membuat gambar cover podast sekarang.

Podcast Anda masih dalam tahap awal, dan akibatnya, konsep acara Anda mungkin akan sedikit berubah saat Anda merekam beberapa episode pertama.

Tidak apa-apa jika ini terjadi. Sangat mudah untuk mengubah judul podcast Anda, tetapi sangat merepotkan untuk mengubah gambar cover Anda.

Kami sarankan Anda membuat cover art podcast setelah Anda merekam beberapa episode.

Langkah 2: Pilih format podcast Anda

Beberapa podcast hanya memiliki satu pembawa acara (host). Yang lainnya adalah cerita bernaskah, atau menampilkan wawancara mendalam.

Yang terpenting adalah memilih format yang sesuai dengan podcast Anda dan yang membuat Anda nyaman:

  • Jika Anda menyukai improvisasi dan olok-olok, Anda harus memiliki cohost.
  • Jika Anda menyukai segala sesuatunya direncanakan dan dituliskan, Anda dapat memilih audio drama.

Dalam hal format podcast, tidak ada satu jawaban yang benar. Jadi, mari kita bicara tentang format podcast yang paling umum:

  1. Podcast wawancara: Podcast ini menampilkan satu pembawa acara yang mewawancarai individu dalam industri tertentu.
  2. Naskah non-fiksi: Biasanya, podcast serial yang memiliki satu tema untuk satu musim penuh.
  3. Rekap berita: Format yang merangkum berita dalam industri tertentu.
  4. Podcast pendidikan: Acara non-fiksi bernaskah yang berfokus pada pengajaran kepada audiens mereka.
  5. Fiksi skrip: Podcast ini mirip dengan drama radio dan sering kali dibuat dengan skrip dan sangat diproduksi.

1. Panjang podcast yang optimal

Jangan biarkan orang memberi tahu Anda bahwa ada durasi optimal untuk satu episode podcast.

Anda akan menemukan acara seperti The Daily yang berdurasi 20 – 30 menit, Accidental Tech Podcast yang berdurasi rata-rata 2 jam per episode, dan Hardcore History dengan episode sepanjang buku audio.

Podcast Anda harus sepanjang yang dibutuhkan, tanpa lebih lama.

Setiap podcast bisa mendapatkan keuntungan dari pengeditan, jadi nyamanlah memotong segmen yang bertele-tele, pertanyaan membosankan, dan bagian dari episode yang tidak menambah banyak nilai bagi pendengar.

Ingat: jika Anda menghasilkan konten yang berkualitas dan menarik, yakinlah orang-orang akan terus mendengarkan.

2. Jadwal penerbitan podcast

Podcasting bisa menjadi pekerjaan penuh waktu atau sesuatu yang Anda lakukan sampingan. Jika yang terakhir, Anda dapat memiliki jadwal penerbitan yang lebih santai.

Anda mungkin memutuskan untuk menerbitkan setiap hari menerbitkan seri podcast setiap dua tahun seperti Serial.

Jadwal mingguan memungkinkan Anda membangun hubungan yang lebih mendalam ini dengan pendengar Anda.
Ciptakan kebiasaan untuk diri sendiri.

Merilis episode yang konsisten dapat membuat Anda tetap podcasting bahkan ketika Anda kehilangan semangat untuk itu. Anda ingin membangun kebiasaan sehingga Anda dapat terus mengembangkan acara Anda dan menghindari podfade –berhenti podcasting tanpa pemberitahuan.

Setelah Anda memiliki format podcast, perkiraan durasi pertunjukan, dan jadwal penerbitan, Anda siap untuk berinvestasi dalam peralatan podcast.

Langkah 3: Perangkat lunak dan peralatan perekam podcast

Podcast memiliki hambatan masuk yang rendah; jika Anda ingin memulai podcast, relatif mudah untuk memulai proses dengan sedikit biaya tambahan atau pengalaman.

Anda dapat mulai merekam podcast hanya dengan iPhone dan sepasang headphone. Ingat, konten Anda adalah bagian terpenting.

Tidak ada yang mendengarkan podcast karena memiliki kualitas suara yang superior. Tetapi orang-orang akan menerima kualitas suara yang kurang optimal jika konten acara Anda sangat bagus.

1. Peralatan podcast

Memilih pengaturan podcasting terbaik bisa membingungkan, terutama jika Anda tidak memiliki latar belakang dalam perekaman audio.

Peralatan minimalis podcast adalah microfon dan software perekam –dan itu ada di ponsel pintar Anda. Anda bisa podcasting melalui handphone saat ini juga.

Perangkat podcast banyak tersedia di marketplace dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Microfon dan laptop adalah standar peralatan podcasting.

2. Perangkat lunak podcast

Setelah Anda merekam podcast Anda, inilah saatnya untuk melakukan pengeditan dan penyesuaian untuk mendapatkan kualitas suara terbaik.

Meskipun ada opsi untuk mengedit podcast Anda di Android atau iPhone, layar kecilnya tidak optimal untuk pengeditan suara.

Berita baiknya adalah perangkat lunak pengedit podcast sangat terjangkau. Audacity adalah editor audio sumber terbuka dan gratis. Ada juga Adobe Audition dan masih banyak lagi.

3. Cara Membuat Podcast dengan Rekaman jarak jauh

Jika Anda sering mewawancarai tamu di podcast Anda, atau merekam dengan cohost, kemungkinan Anda terkadang perlu merekam podcast Anda dari lokasi yang berbeda.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan perangkat lunak yang khusus dibuat untuk perekaman jarak jauh: SquadCast, Zoom, Skype, dll.

Namun, Skype tidak direkomendasikan. Banyak podcaster masih menggunakan Skype untuk merekam wawancara jarak jauh mereka. Perangkat lunak ini tidak bagus buat rekaman jarak jauh karena tiga alasan:

  1. Kualitas audio yang buruk – Skype lebih baik daripada menggunakan perekam panggilan di telepon, tetapi kualitas suaranya tidak sebaik Zoom atau SquadCast.
  2. Tidak konsisten – Jika koneksi internet Anda tidak cukup cepat, Anda dapat mengalami masalah suara yang serius.
  3. Tidak ada pengaturan perekaman yang elegan – Selama bertahun-tahun, sebagian besar podcast harus menggunakan sesuatu seperti perangkat lunak perekaman Pamela untuk menyimpan audio panggilan mereka. Skype memang memungkinkan Anda untuk menyimpan audio panggilan Anda, tetapi itu masih merupakan campuran MP4 (file video).

Langkah 4: Merekam episode pertama Anda

Mengedit adalah tempat segalanya menjadi nyata, dan di mana banyak podcaster potensial menyerah.

Sangat mudah untuk terjebak dalam gagasan merekam podcast dan dengan cepat kehilangan semangat ketika segala sesuatunya menjadi teknis atau sekadar sulit.

Coba ingat: bahkan podcast terbaik pun harus dimulai dengan beberapa episode buruk. Setiap pertunjukan, dan pembawa acara, harus menemukan pijakan mereka, dan cara terbaik untuk meningkatkannya adalah dengan terus merekam episode baru.

Ikuti panduan rekaman episode pertama podcast berikut ini.

1. Tulis garis besar podcast

Bertele-tele adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan podcaster baru, dan cara terbaik untuk melawan kecenderungan ini adalah dengan menulis garis besar (outline) podcast.

Anda tidak harus menulis podcast Anda secara verbatim (kata demi kata), tetapi bahkan meluangkan waktu 15 menit untuk menuliskan daftar poin-poin akan membuat peningkatan dramatis dalam aliran episode Anda.

Jika Anda bekerja dengan seorang cohost, bagikan garis besar dengan mereka sehingga Anda dapat mengerjakannya bersama.

2. Pilih tempat untuk merekam

Meskipun Anda mungkin menikmati gema yang Anda nyanyikan di kamar mandi, merekam di ruang kecil dengan permukaan datar yang keras hampir selalu berarti rekaman yang terdengar lebih bergema, dan bukan itu yang Anda inginkan dalam audio podcast Anda.

Jika memungkinkan, rekam di ruangan yang tenang dan luas dengan banyak ruang di sekitar Anda.

3. Pemeriksaan suara

Jika Anda hanya memiliki ruang kecil, coba temukan yang memiliki sedikit permukaan reflektif, atau banyak bahan yang dapat menyerap suara: furnitur, karpet, atau bahkan lemari pakaian yang penuh dapat membantu.

Menemukan ruang yang memenuhi kriteria ini bisa jadi sulit, itulah sebabnya banyak podcaster menemukan bahwa bilik lemari sederhana adalah tempat terbaik untuk merekam.

Memilih tempat yang tepat untuk merekam episode Anda lebih penting daripada membeli headphone atau perangkat lunak pengeditan yang tepat.

Jika Anda berhasil mendapatkan rekaman yang tajam dari awal, Anda lebih dekat dengan rekaman yang dipoles, dan audio yang direkam dengan rapi akan membuat aspek teknis pengeditan dan pencampuran jauh lebih mudah.

4. Siapkan peralatan dan perangkat lunak perekaman Anda

Untuk menyiapkan mikrofon Anda untuk merekam, sambungkan ke komputer atau perangkat perekam audio Anda.

Untuk kesederhanaan, kami merekomendasikan membeli mikrofon USB kecuali Anda memiliki pengalaman dengan peralatan audio.

5. Rekaman diatur

Pengaturan Mikrofon USB: Hubungkan mikrofon Anda langsung ke port USB di komputer Anda. Setelah dicolokkan, masuk ke pengaturan perangkat lunak pengedit audio Anda (Audacity, GarageBand, dll.) Dan pastikan mikrofon Anda menyorotnya sebagai input audio Anda. Setelah Anda memilih mikrofon sebagai input audio Anda, Anda siap merekam.

Pengaturan Mikrofon XLR: Jika Anda tidak memiliki mikrofon USB, kemungkinan mikrofon Anda memiliki koneksi XLR. Untuk mikrofon XLR, Anda dapat menggunakan antarmuka USB (seperti Scarlett Solo) untuk merekam langsung dari mikrofon ke komputer Anda. Pilihan lainnya adalah menghubungkan mikrofon XLR Anda ke perangkat perekaman audio eksternal (seperti Zoom H4n) yang akan menyimpan audio Anda ke kartu SD.

6. Cara Membuat Podcast: Teknik mikrofon untuk podcaster

Kita semua pernah mendengar plosif atau “P-Pops” yang mengganggu sebelumnya dan mengernyit saat mendengar bunyi “S” yang hiper-sibilant.

Semburan udara yang berlebihan mengenai kapsul mikrofon menyebabkan kedua masalah ini, dan dalam kedua kasus, ini adalah gejala teknik mikrofon yang buruk.

Jika Anda melihat terlalu banyak plosive atau sibilance kasar dalam rekaman Anda, solusi paling sederhana adalah dengan memindahkan sumbu dari mikrofon.

Mengatur mikrofon Anda ke samping, sedikit miring ke arah mulut Anda, akan mencegah semburan udara mengenai kapsul secara langsung dan dapat menghasilkan audio podcast yang lebih halus dan alami.

Secara umum, Anda ingin menempatkan mulut Anda sejauh 2 “- 4” dari mikrofon untuk mendapatkan suara yang paling jernih, tetapi jarak optimal dapat bervariasi berdasarkan mikrofon Anda.

Cobalah merekam diri Anda berbicara pada volume yang konsisten di beberapa posisi berbeda, dan setelah Anda melakukannya, dengarkan rekaman untuk melihat posisi mana yang memberikan kualitas audio terbaik.

7. Ambil minuman dan mulailah merekam

Jadi, Anda telah menulis garis besar Anda, memilih tempat untuk merekam, mengatur mikrofon Anda, dan mempraktikkan teknik mikrofon Anda.

Sekarang saatnya untuk minum dan mulai merekam episode pertama Anda.

Minum segelas air mineral di dekat Anda akan menghasilkan keajaiban bagi suara Anda jika mulai mengering, tetapi cobalah untuk menghindari minuman berkarbonasi karena itu akan meningkatkan kemungkinan bersendawa atau cegukan masuk ke rekaman Anda.

Jangan khawatir tentang kesalahan, gagap, atau sedikit diam. Anda dapat melakukan semua pengeditan yang diperlukan di langkah berikutnya.

Langkah 5: Mengedit & mengupload episode pertama Anda

Proses pengeditan adalah tempat Anda menyegmentasikan podcast Anda, menghapus gangguan yang dapat didengar, dan memasukkan iklan, sulih suara, intro, dan outro yang telah direkam sebelumnya.

Dengan bantuan perangkat lunak yang tepat dan beberapa petunjuk, bahkan orang yang tidak terlalu tertarik secara teknis dapat membuat podcast berkualitas dan diedit dengan baik.

Ini adalah proses di balik layar yang membutuhkan sedikit persiapan, tetapi jangan biarkan prosesnya membuat Anda kewalahan.

Dengan bantuan perangkat lunak yang tepat dan beberapa petunjuk, bahkan orang yang tidak terlalu tertarik secara teknis dapat membuat podcast berkualitas dan diedit dengan baik.

1. Buat intro podcast

Pengantar bagus yang dilakukan dengan benar dapat membantu meningkatkan pengalaman mendengarkan dan keterlibatan pendengar, tetapi itu tidak diperlukan, dan itu bukan satu-satunya pilihan Anda.

Lihat beberapa podcast favorit Anda dan lihat gaya mana yang sesuai dengan podcast Anda dan terasa otentik. Ingat, Anda selalu dapat meningkatkan intro podcast Anda nanti.

2. Pilih lagu tema podcast Anda

Jika Anda memutuskan untuk membuat intro, Anda mungkin ingin mendapatkan musik intro. Saat Anda mencari musik, cari musik bebas royalti yang dapat Anda gunakan di podcast Anda. Jika tidak, Anda harus membeli musik acara Anda.

Musik bebas royalti memang bagus, tetapi karena gratis, podcaster lain mungkin menggunakan trek yang sama dengan yang Anda pilih.

Jangan stres karena ini; banyak pendengar tidak akan pernah menyadarinya. Namun, jika Anda menginginkan musik yang lebih eksklusif, Anda dapat membeli trek untuk intro Anda.

Jika Anda memutuskan untuk membeli trek, kami merekomendasikan dua sumber daya yang berbeda:

  • Audio Jungle – Jelajahi ribuan lagu gratis, atau beli trek unik. Harga mulai dari $ 1.
  • Audio Block – Ini luar biasa

Setelah Anda memutuskan intro podcast dan musik episode, Anda siap untuk mengedit episode pertama Anda.

3. Cara Membuat Podcast: Tips edit audio

Trek terpisah untuk setiap speaker atau musik. Dengan memisahkan semua trek, Anda dapat mengedit setiap trek, menyesuaikan volume, mematikan satu speaker, atau menahan batuk, atau kesalahan lainnya.

Jika Anda tidak merekam ke trek terpisah sebelumnya, ini bukan pilihan, tetapi memisahkan semuanya ke depan akan membuat kehidupan pengeditan Anda jauh lebih sederhana.

Edit untuk konten, lalu gangguan. Untuk menjaga prosesnya tetap sederhana, dan untuk mengurangi beban pengeditan, edit konten pada izin pertama Anda, dan kerjakan masalah kebisingan atau gangguan lain pada putaran kedua.

Jika Anda fokus pada masalah kebisingan terlalu dini, Anda mungkin akan memoles bagian yang akhirnya Anda hapus nanti. Fokus untuk mendapatkan konten dengan benar untuk memulai, lalu kembali lagi untuk memperbaiki masalah audio.

Saat Anda memotong bagian audio, terkadang Anda bisa mendapatkan sedikit letupan atau klik pada produk jadi. Jadi, gunakan alat fade di awal dan akhir klip jika Anda mengalami masalah tersebut.

Jangan menjadi editor. Meskipun Anda ingin memiliki kualitas suara yang bagus, jangan menjadi editor podcast penuh waktu. Tujuan Anda adalah untuk membuat acara yang menurut Anda berharga. Terlalu fokus pada peralatan bisa menjadi penghalang untuk mencapai tujuan tersebut.

Anda juga tidak ingin pengeditan Anda menjadi alasan atau sesuatu yang menahan Anda untuk menerbitkan episode pertama Anda.

Jika Anda menginginkan podcast profesional, kami sarankan untuk menyewa salah satu perusahaan pengeditan podcast terbaik seperti Katalisnet.

4. Simpan dan ekspor episode podcast Anda

Setelah Anda selesai mengedit podcast Anda, ekspor file Anda dalam format yang benar. Anda bisa membuka akun di platform podcast seperti Anchor untuk publikasi dan distribusi podcast Anda.

Apa jenis file dan bitrate terbaik untuk podcast?

Kebanyakan podcaster mengekspor episodenya sebagai MP3 untuk memastikan kompatibilitas dengan sebagian besar aplikasi podcast. Setel bitrate ke 96 kbps mono untuk podcast kata yang diucapkan dan stereo 192 kbps untuk podcast yang menampilkan musik.

  • Jenis file: MP3
  • Bitrate: 96 kbps mono untuk kata yang diucapkan; 192 kbps stereo untuk musik

Setelah file diunggah, Anda dapat menambahkan nama dan deskripsi untuk episode podcast itu.

Langkah 6:  Podcast Artwork, kategori, dan catatan

Podcast Anda hampir siap untuk dikirim ke Apple Podcasts dan Spotify! Anda akan membagikan konten yang telah bekerja keras untuk diproduksi, dan itu hampir sampai ke telinga pendengar.

Sekarang saatnya untuk memastikan Anda mengedepankan yang terbaik sehingga podcast Anda akan terlihat bagus di setiap direktori podcast.

1. Buat gambar sampul (cover art) untuk podcast Anda

Meskipun konten episode yang sangat baik harus selalu menjadi fokus acara Anda, sampul podcast Anda adalah hal pertama yang akan dilihat pendengar baru di Apple Podcasts atau di media sosial.

Calon pendengar harus bisa mengetahui tentang acara Anda dengan melihat sekilas karya seni Anda.

Spesifikasi teknis gambar sampul podcast:

  • Gambar Persegi
  • Ukuran minimal 1.400 x 1.400 pixel
  • Resolusi 72 dpi
  • Jenis file PNG atau JPEG
  • Colorspace RGB

Cover podcast harus mengomunikasikan subjek podcast secara visual. Tujuan Anda adalah memastikan pendengar potensial memahami tentang podcast Anda hanya dengan melihat karya seni Anda.

Desain untuk berbagai ukuran. Anda akan menggunakan karya seni Anda di beberapa media dan platform, jadi penting agar terlihat bagus bahkan pada 55 x 55 piksel.

Jangan gunakan terlalu banyak kata dalam karya seni Anda. Jangan gunakan lebih dari empat kata pada sampul Anda, dan pastikan itu terbaca-bahkan dalam ukuran kecil.

Hindari menggunakan gambar mikrofon, headset, dan gambar lain yang terlalu sering digunakan. Sama seperti sampul film tidak memiliki gambar DVD dan TV, sampul podcast Anda tidak boleh menampilkan peralatan podcasting.

Bersikaplah konsisten. Karya seni podcast Anda adalah bagian dari keseluruhan branding Anda. Ini harus berkualitas tinggi dan konsisten; citra yang Anda gunakan untuk podcast Anda harus sama (atau memiliki aspek citra yang sama) di semua merek Anda.

Jika Anda memiliki latar belakang desain, Anda dapat membuat karya seni Anda menggunakan Photoshop atau Sketch. Namun untuk pemula bisa memanfaatkan desain gatis di Canva.

Mulailah dengan mencari gambar beresolusi tinggi sebagai latar belakang Anda. Kemudian edit gambar itu di Canva untuk membuat cover art podcast Anda. Mengedit gambar Anda bisa semudah memotong gambar dan menambahkan judul podcast Anda.

Anda juga bisa minta bantuan Tim Katalisnet untuk membuatkan Cover Art Podcast.

2. Tulis deskripsi podcast Anda

Deskripsi episode podcast dianggap metadata. Metadata adalah informasi tentang file MP3 Anda: nama acara Anda, deskripsi, nomor episode, tahun rilis, dll.

Mengisi kolom ini membantu membuat acara Anda terlihat di Apple, Google Play, dan Spotify, atau di mana pun pendengar podcast mencari genre acara Anda.

Deskripsi episode yang baik sangat penting untuk kesuksesan. Ini adalah ruang tempat Anda menjelaskan tentang acara Anda dalam satu paragraf.

Pastikan Anda memberi tahu pembaca apa untungnya bagi mereka, dan buatlah itu menghibur, sehingga akan mendorong orang untuk berlangganan.

Anda selalu dapat kembali dan mengubah kata-katanya, jadi jangan biarkan menemukan deskripsi yang sempurna menghabiskan terlalu banyak waktu.

3. Pilih kategori untuk podcast Anda

Penting untuk mengoptimalkan tampilan podcast Anda di Apple Podcasts, dan salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memilih kategori podcast yang tepat untuk acara Anda.

Meskipun Anda dapat memilih tiga kategori, Apple Podcasts hanya peduli dengan yang pertama, jadi pastikan ini adalah kategori yang Anda inginkan untuk acara Anda terdaftar.

Ini dapat meningkatkan visibilitas acara Anda untuk memilih sub-kategori serta kategori utama.

Ulasan Cara Membuat Podcast sudah selesai. Langkah berikutnya adalah publikasi dan promosi podcast menarik Anda.

Langkah 7: Terdaftar di Apple Podcasts, Google Podcasts, dan Spotify

Membuat podcast Anda terdaftar di direktori podcast teratas sangat penting untuk kesuksesan.

Direktori podcast, seperti Apple Podcasts, adalah tempat terpusat bagi pendengar podcast untuk menemukan acara baru.

Mendaftar di direktori podcast teratas adalah bagian penting dari strategi pemasaran podcast Anda karena mayoritas pendengar baru Anda akan menemukan podcast Anda melalui direktori ini.

Kirimkan podcast Anda ke Spotify. Spotify meluncurkan direktorinya pada tahun 2018, dan mereka dengan cepat menjadi direktori podcast terbesar kedua. Itu karena Spotify menjangkau banyak orang.

Kirimkan juga podcast Anda ke Google Podcasts. Google Podcasts adalah direktori yang memungkinkan podcast Anda muncul di penelusuran web Google dan di ponsel Android.

Daripada mengirimkan podcast Anda ke direktori, Anda cukup memastikan Google dapat merayapi situs web podcast Anda.

Jika Anda memasukkan podcast Anda ke Apple Podcasts, Spotify, dan Google Podcasts, podcast Anda sudah ada di depan 95% + dari semua pendengar podcast.

Langkah 8: Luncurkan podcast Anda

Sekarang setelah Anda menyelesaikan beberapa episode, sekarang saatnya untuk memutuskan bagaimana Anda akan meluncurkan podcast Anda.

Anda memiliki dua pilihan: Grand Opening atau Soft Open.

Opsi peluncuran # 1: Grand Opening

Ketika sebuah rumah produksi merilis sebuah film, mereka biasanya memiliki rencana promosi besar. Mereka akan memilih satu hari untuk meluncurkan film mereka, meminta kritik dan pemberi pengaruh untuk mempratinjau, dan menjalankan banyak iklan untuk mempromosikannya.

Anda dapat melakukan hal serupa untuk podcast Anda jika Anda memiliki akses ke influencer, audiens yang sudah ada, atau uang untuk mempromosikan acara Anda. Anda dapat mengikuti skrip yang sama.

Anda akan memilih tanggal beberapa minggu lagi, mulai menjangkau orang-orang yang menurut Anda mungkin tertarik dengan acara tersebut, mencoba untuk mendapatkan podcast Anda ditinjau, dan menjalankan banyak iklan ke podcast Anda saat diluncurkan.

Tetapi jika Anda mengalami serangan panik ringan memikirkan mempromosikan podcast Anda ke ribuan orang, maka Soft Open mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Opsi peluncuran # 2: Soft Open

Kita bandingan dengan Soft Opening industri restoran. Biasanya, restoran baru akan buka satu atau dua hari sebelum pembukaan yang diiklankan.

Ini adalah malam sederhana yang dapat digunakan restoran untuk mengatasi ketegaran mereka tanpa banyak tekanan atau visibilitas. Karyawan mengundang teman-teman mereka, dan seringkali hasil malamnya disumbangkan untuk amal.

Demikian pula, podcast Soft Open adalah ketika Anda memulai podcasting tanpa ada yang mendengarkan. Anda mulai menerbitkan seolah-olah orang sedang mendengarkan, tetapi tunggu satu atau dua minggu sebelum Anda melakukan promosi besar-besaran.

Pasarkan podcast Anda

Pada titik ini, Anda telah berusaha keras. Meskipun Anda belum memiliki banyak unduhan, penting untuk diingat bahwa satu unduhan adalah satu orang sungguhan yang mendengarkan pertunjukan Anda.

Rata-rata podcast mendapatkan sedikit lebih dari 100 pendengar, jadi jika Anda bisa mencapai 100, Anda sudah lebih baik dari setengah dari semua podcaster.

Anda mungkin tidak memiliki komunitas yang menunggu podcast Anda saat pertama kali diluncurkan, jadi penting untuk memanfaatkan komunitas yang ada.

Ini berarti menemukan sekelompok orang yang seharusnya tertarik dengan podcast Anda, dan kemudian memberi tahu mereka tentang podcast Anda.

Tips Promosi Podcast

Mari kita jalankan 5 taktik pemasaran yang kami yakini memiliki peluang terbaik untuk mengarahkan pendengar ke podcast baru:

1. Bagikan podcast Anda dengan teman dan keluarga.

Jika podcast Anda akan menghibur teman dan keluarga pribadi, pastikan Anda membagikannya secara langsung. Mintalah umpan balik dalam bentuk ulasan, dan minta mereka untuk membagikan acara Anda dengan teman-teman.

Berbagi podcast Anda dengan teman dan keluarga adalah cara termudah untuk mendapatkan 5-10 pendengar pertama Anda.

2. Posting episode di media sosial.

Berbagi acara Anda di media sosial tidak berarti hanya memposting episode Anda ke halaman Anda. Berbagi konten yang bermanfaat di saluran sosial Anda adalah tentang kualitas, konsistensi, dan interaksi dengan pendengar di beberapa platform.

Buat beberapa Visual Soundbites untuk akun Facebook dan Instagram, tingkatkan tweet yang berhasil di Twitter, dan bagikan konten Anda di LinkedIn.

Anda mungkin sudah memiliki teman di platform ini yang akan tertarik dengan apa yang Anda lakukan, dan ini adalah cara yang bagus untuk memberi tahu mereka tentang podcast Anda.

Jika Anda melakukan ini dengan benar (berbagi klip yang menarik dan bukan spamming), Anda dapat mengambil sepuluh pendengar podcast selama beberapa episode pertama Anda.

3. Hubungi admin Grup Facebook yang relevan.

Ada banyak grup hebat di Facebook, dan, kemungkinan, sudah ada beberapa grup yang membahas pokok bahasan yang sama seperti acara Anda. Jika Anda memiliki podcast tentang kopi, temukan beberapa grup podcast kopi dan manfaatkan mereka untuk semua nilainya.

Bergabunglah dengan grup ini dan minta izin admin untuk membagikan podcast Anda. Jika Anda membagikan acara Anda atau mempromosikannya dengan cara apa pun, Anda kemungkinan besar akan mendapatkan boot dalam beberapa menit.

Jika Anda beruntung, admin mungkin memposting tautan untuk Anda, tetapi Anda perlu mendapatkan izin untuk memposting apa pun.

4. Posting di Forum.

Telusuri Quora atau forum online lainnya untuk orang-orang yang mengajukan pertanyaan tentang materi pokok podcast Anda. Temukan pertanyaan terbaru yang relevan yang dapat Anda jawab dengan percaya diri.

Posting jawaban Anda atas pertanyaan secara lengkap-jangan membuat pembaca harus meninggalkan halaman untuk mendapatkan jawaban lengkapnya.

Dalam postingan Anda, sebutkan bahwa Anda mendiskusikan topik tersebut lebih lengkap di “podcast XYZ”, dan tautkan ke episode yang relevan.

Dengan melibatkan pertanyaan di Quora, Anda membangun kehadiran, betapapun kecilnya, yang dapat membuat orang mendengarkan podcast Anda selama bertahun-tahun.

Usahakan untuk memposting satu atau dua jawaban seperti ini untuk setiap episode yang Anda posting.

5. Hubungi blog yang relevan.

Temukan blog mapan yang sudah memiliki pengikut dalam genre acara Anda dan hubungi pemilik blog untuk mengetahui apakah mereka tertarik untuk bermitra dengan Anda.

Anda dapat mempromosikan podcast mereka di acara Anda, dan mereka dapat membagikan podcast Anda di blog mereka.

Itu dia cara membuat podcast, mulai dari konsep, menulis naskah, rekaman, edit audio, publikasi, hingga promosi. Baca juga peluang monetisasi podcast di posting Peluang Bisnis Podcasting. Salam Podcaster! (Sumber: BuzzSprout)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment