Cara Memanfaatkan Internet untuk Mengembangkan Bisnis

Google Bisnisku
Google Bisnisku

Katalis.net — Pebisnis atau pelaku usaha perlu mengikuti perkembangan teknologi. Agar usahanya bisa dikenal lebih banyak orang, pebisnis harus memanfaatkan internet dengan maksimal.

Cara memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis dibahas dalam Konferensi WomenWill yang diselenggarakan Google.

Tips untuk mengoptimalkan dan mempermudah dalam menjalankan usaha salah satunya dengan membaca kebiasaan dan kebutuhan konsumen melalui internet.

“Kita harus berpikir seperti konsumen, kalau mereka perlu barang bagaimana mereka akan mencarinya,” kata Head of SMB Marketing Google Indonesia, Fida Heyder.

Dikatakannya, biasanya pelanggan akan melihat website dulu, lalu mencarinya di e-commerce, baru melihat media sosial, untuk kemudian melakukan chat secara personal jika tertarik dengan barang atau jasa.

Baca Juga

“Sayangnya pelaku bisnis di Indonesia masih belum banyak yang punya website, unggah barang di e-commerce atau membuka akun media sosial sehingga kadang sulit ditemukan,” katanya.

Padahal, lanjut dia, cara-cara itu terbukti bisa menambah pelanggan, memperluas peluang dan meningkatkan efektivitas kerja.

Untuk itu, pebisnis diharapkan untuk lebih aktif dalam memasarkan bisnis secara online dengan punya situs hingga akun media sosial.

Untuk semakin memudahkan pebisnis, mesin penelusuran Google pun menawarkan Google Bisnisku.

Fitur tersebut memudahkan pelaku usaha untuk mendaftarkan bisnisnya di Google agar bisa dengan mudah dicari orang.

“Apalagi 82% orang di Indonesia suka mencari informasi barang di mesin pencarian,” katanya.

Caranya adalah dengan memasukkan segala keterangan beserta foto mengenai usaha yang menurut Fida bisa menaikkan kunjungan hingga 38%.

“Jangan lupa masukkan foto. Foto penting karena 42% orang lebih mungkin berkunjung jika ada foto. Ada maps dan waktu buka serta tutup yang paling sering dicari,” ungkap Fida. (Wolipop)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment