Bisnis Pakaian Secara Online, Inilah Panduan Utamanya

Bisnis Pakaian Secara Online, Inilah Panduan Utamanya
artem pexels

Katalis.netBisnis pakaian secara online? Jadi, Anda ingin memulai toko pakaian online? Bagus! Anda beruntung karena e-commerce menawarkan peluang yang sangat baik untuk memulai bisnis tanpa biaya tambahan yang mungkin timbul sebagai konsekuensi biaya operasional.

Namun, memikirkan sebuah toko offline dan benar-benar memulai sebuah toko online adalah dua hal yang sangat berbeda. Sangat mudah untuk merenungkan ketika pelanggan beramai-ramai tertarik ke merek Anda, tetapi untuk mencapai titik itu membutuhkan banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang memulai bisnis pakaian secara online termasuk menemukan pelanggan dan membawa mereka ke toko Anda.

Jual Baju Online vs. Offline

Menjual pakaian secara online versus offline bukanlah pertanyaan kuno, lagipula e-commerce adalah tren yang relatif baru dalam sejarah panjang toko pakaian.

Cengkeraman toko offline telah melemah dan e-commerce sekarang menguasai secara dominan dan angkanya akan terus bertambah setiap tahun.

Baca Juga

Satu studi menemukan bahwa 67% Generasi Milenial dan 56% Gen-X lebih suka berbelanja online daripada berbelanja di gerai fisik. Meskipun 15% pembeli mengatakan bahwa mereka tidak membeli secara online, tetap saja lebih banyak orang yang berbelanja online setiap minggu daripada di gerai ritel tradisional.

Saatnya Menjual Pakaian Secara Online

Pasar penjualan secara online sangat besar dan akan terus tumbuh dan berkembang. Menurut laporan “Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020” yang disusun oleh Badan Pusat Statistik (BPS), penjualan online pada masa pandemi justrunmelonjak tajam bila dibandingkan dengan penjualan di bulan Januari 2020.

Pada bulan Maret 2020, penjualan online melonjak 320% dari total penjualan online awal tahun. Lonjakan semakin tajam terjadi, penjualan online April 2020 tercatat meningkat 480% dari Januari 2020.

Dengan begitu banyak potensi, mengambil lompatan ke dunia toko online saat ini dapat membantu memanfaatkan tren ini daripada membiarkan peluang berlalu begitu saja.

Cara Memulai Toko Pakaian Online

Untuk memulai menjual pakaian Anda secara online. Pertama, membutuhkan fondasi yang akan mengarahkan Anda ke arah yang benar sejak awal. Ketujuh langkah ini dapat membantu Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk kesuksesan penjualan online.

Pilih ceruk pasar Niche

Setiap orang membutuhkan pakaian, tetapi tidak semua orang membutuhkan pakaian yang sama. Daripada menjadikannya sebagai misi Anda untuk menjual pakaian untuk semua orang di setiap demografi, asah sesuatu yang sedikit lebih spesifik yang didasarkan pada minat pribadi dan tujuan bisnis Anda.

Jadi, apa artinya ini bagi Anda, dan bagaimana Anda mempersempitnya? Saat mempertimbangkan pilihan Anda, ingatlah empat poin ini:

  1. Buatlah seunik mungkin untuk berbeda dari yang lain. Toko pakaian online cukup banyak dan jika merek Anda sama dengan ratusan lainnya, kemungkinan besar Anda tidak akan maju.
  2. Ide yang menggairahkan kemungkinan besar akan berhasil. Pikirkan tentang jenis pakaian yang Anda beli, item yang ingin Anda lihat di pasaran, dan jenis produk apa yang ingin Anda bagikan dengan teman atau anggota keluarga.
  3. Pastikan ceruk pasar memiliki potensi penghasilan. Anda mungkin menyukai gaun malam wanita, tetapi banyak merek sudah menjual di area ini, jadi sebaliknya temukan gagasan lain atau buat proposisi nilai unik yang memungkinkan pertumbuhan penjualan dan kemampuan untuk menghasilkan uang lebih cepat.
  4. Tentukan rencana bisnis Anda

Rencana yang dipikirkan dengan matang adalah suatu keharusan untuk memulai bisnis besar atau kecil, dan rencana bisnis yang baik akan jauh melampaui harapan.

  1. Ringkasan eksekutif dalam perencanaan usaha akan memberikan gambaran umum tentang apa yang ingin dicapai perusahaan Anda.
  2. Deskripsi perusahaan, termasuk produk, demografi pelanggan, dan rencana untuk tetap kompetitif.
  3. Analisis pasar melihat data dan statistik pasar, termasuk penjualan rata-rata, jumlah penjual lain, dan tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan.
  4. Analisis persaingan yang secara eksplisit berfokus pada pesaing di pasar yang sama, termasuk kekuatan dan kelemahan mereka, dan cara-cara di mana perusahaan baru dapat memperoleh keunggulan.
  5. Penjelasan tentang manajemen dan organisasi perusahaan.
  6. Rincian produk dan layanan yang ditawarkan.
  7. Rencana pemasaran yang mencakup detail strategi pemasaran online dan offline.
  8. Penjabaran terhadap strategi penjualan yang direncanakan.
  9. Bagaimana pendanaan akan diperoleh, termasuk berapa dana yang dibutuhkan dan bagaimana sumbernya.
  10. Proyeksi keuangan untuk jangka waktu singkat maupun dari perspektif jangka waktu panjang.

Menjual pakaian dapat ditangani dengan beberapa cara yang berbeda, jadi Anda perlu bertanya pada diri sendiri bagaimana Anda akan memulai dan model apa yang memungkinkan Anda tumbuh paling cepat tanpa menguras banyak biaya. Nah, di dunia ritel pakaian e-niaga, ada empat pilihan umum yaitu

Cetak sesuai permintaan

Produksi berdasarkan permintaan atau mengubah pakaian yang sudah ada sebelumnya berdasarkan pesanan pelanggan. Ini bisa menjadi proses khusus misalnya memasukkan logo perusahaan atau berdasarkan pilihan desain yang telah ditentukan sebelumnya. Saat pelanggan memesan, mesin Anda akan membuat produk sesuai pesanan.

Potong dan jahit khusus

Sesuai namanya, mengacu pada perusahaan yang merancang dan menjual produk mereka sendiri. Ini bisa menjadi usaha yang mahal dan membutuhkan investasi yang signifikan dalam akuisisi bahan dan ruang produksi, tetapi bisa menjadi peluang terbaik untuk meluncurkan merek yang benar-benar unik.

Pakaian label Sendiri

Perusahaan pakaian label swasta bermitra dengan produsen besar untuk memesan produk unik yang dipasarkan dengan merek mereka. Produk ini biasanya tidak dirancang sendiri, melainkan dirancang, diproduksi, dan diberi merek untuk penjualan individu oleh pihak ketiga.

Dropshipping

Bisa dibilang model bisnis yang paling mudah. Dropshippers pada dasarnya bertindak sebagai perantara; ketika suatu barang dipesan, pengirim barang kemudian memesan dari perusahaan pihak ketiga untuk dikirim langsung ke pelanggan. Banyak dropshippers yang bekerja dengan produsen melalui media sosial yang dapat dijual dengan harga markup.

Pilih platform e-commerce Anda

Jika ingin berjualan secara online, Anda harus memilih platform e-commerce. Platform e-commerce yang baik memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah mencantumkan item, mengunggah foto, menambahkan deskripsi produk, dan membuat proses pembayaran yang cepat dan mudah. Untuk itu diperlukan pengujian secara rinci dan seksama.

Pilih template dan sesuaikan dengan toko Anda

Situs e-commerce yang baik selalu mudah dinavigasi, mudah digunakan, dan sesuai dengan merek tertentu yang Anda pikirkan untuk situs Anda.

Sebagian besar platform e-commerce memiliki kerangka yang dapat membantu Anda memulai opsi penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan unik Anda.

Jelajahi opsi Anda, temukan templat yang menyertakan sebanyak mungkin fitur yang diperlukan, dan bersiaplah untuk membuat sebanyak mungkin penyesuaian untuk memenuhi visi yang ditentukan untuk produk Anda.

Template berkualitas dapat memudahkan untuk menyusun toko, menawarkan cara untuk menyesuaikan semuanya mulai dari navigasi hingga halaman produk untuk situs yang berfungsi dengan baik dan menunjukkan visi Anda sebagai merek.

Buat daftar produk Anda

Anda siap untuk mencantumkan produk yang Anda miliki untuk dijual. Ini tidak sesederhana kedengarannya, namun seberapa baik Anda mencantumkan produk, kualitas deskripsi, dan bahkan navigasi halaman e-commerce Anda dapat secara langsung memengaruhi penjualan Anda.

Publikasikan dan pasarkan toko Anda

Toko Anda sudah aktif dan berjalan, deskripsi produk dan foto Anda luar biasa, dan halaman Anda dioptimalkan untuk kesuksesan, tetapi di mana pelanggan Anda?

Di pasar e-commerce cara terbaik untuk memasarkannya adalah dengan alat dasar yang merupakan katalisator yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis :

Alat pemasaran email
Pesan email memperkenalkan merek Anda kepada pelanggan baru dan pada waktu yang tepat buatlah basis pelanggan. Promosi adalah salah satu cara terbaik untuk membuat penerima email membuka email. Sebanyak 72% konsumen lebih cenderung membuka email jika berisi diskon.

Pemasaran media sosial
Media sosial adalah salah satu strategi terpenting untuk meluncurkan bisnis baru. Umumnya, pemasaran membutuhkan titik awal. Anda tidak dapat mengirim email ke buku alamat yang tidak ada, itu kenapa kekuatan promosi media sosial dapat menyampaikan pesan Anda ke audiens target Anda untuk membantu Anda memulai.

Pemasaran konten
Ingin pelanggan menemukan Anda secara online? Anda harus membuat pemasaran konten yang hebat. Konten yang kuat juga merupakan dasar dari SEO, jadi semakin banyak yang dapat Anda lakukan untuk menerbitkan tulisan efektif yang menyentuh kata kunci dan frasa yang tepat, maka semakin baik.

Kesimpulan

Memulai bisnis apa pun bisa menjadi pertaruhan besar, tetapi pasar penjualan pakaian online adalah tempat yang tepat. Dengan tren naik dan banyak model bisnis yang memungkinkan fleksibilitas dengan cara yang terjangkau, memulai toko online bisa menjadi resep mudah untuk sukses. Jika didukung oleh platform e-commerce yang sempurna dan rencana bisnis yang kuat, inilah saat yang paling tepat untuk mewujudkan impian toko pakaian Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *