Bangkitnya Ekosistem Digital Dalam ‘We Economy’

Ilustrasi NordWood -Unsplash

Katalis.net — Seiring teknologi terus bergerak dengan kecepatan sangat tinggi – dengan teknologi sosial, seluler, analitik, cloud, dan lainnya yang mendorong evolusi bisnis digital yang cepat – perusahaan perintis sedang menulis ulang pedoman digital.

Mereka memperluas batasan mereka dengan memanfaatkan beragam bisnis digital lainnya, pelanggan digital, dan bahkan perangkat digital di tepi jaringan mereka untuk menciptakan ‘ekosistem digital’ yang membentuk kembali seluruh pasar dan mengubah cara kita bekerja dan hidup. .

Pandangan tahunan Accenture tentang tren teknologi global – menemukan bahwa perusahaan visioner ini menyadari bahwa karena setiap bisnis menjadi bisnis digital, bersama-sama mereka dapat mempengaruhi perubahan pada tahap yang jauh lebih besar, berkolaborasi untuk membentuk pengalaman, dan hasil, dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Akibatnya, perusahaan terkemuka ini membentuk ekonomi baru – “We Economy”.

Pergeseran ini disorot dengan baik dalam Industrial Internet of Things (IIoT) yang berkembang pesat – yaitu, interkoneksi perangkat komputasi tertanam dalam infrastruktur Internet yang ada – karena perusahaan menggunakan koneksi ini untuk menawarkan layanan baru, membentuk kembali pengalaman, dan memasuki pasar baru melalui perangkat digital ini. ekosistem.

Philips mengambil pendekatan dengan praktik perawatan kesehatan yang bekerja sama dengan Salesforce untuk membangun platform yang mereka yakini akan membentuk kembali dan mengoptimalkan cara perawatan kesehatan diberikan.

Baca Juga

Platform yang dibayangkan akan menciptakan ekosistem pengembang yang membangun aplikasi perawatan kesehatan untuk memungkinkan kolaborasi dan alur kerja antara dokter dan pasien di seluruh spektrum perawatan, mulai dari perawatan diri dan pencegahan hingga diagnosis dan pengobatan melalui pemulihan dan kesehatan.

Dalam industri otomotif, Fiat mencari mobil yang terhubung sebagai peluang pertumbuhan berikutnya – bermitra dengan perusahaan seperti TomTom, Reuters, Facebook dan TuneIn untuk membuat platform sendiri bernama Uconnect, yang akan diintegrasikan dengan kendaraan Fiat-Chrysler Group untuk menyediakan pengemudi dengan fitur komunikasi, hiburan dan navigasi yang dapat membantu pengemudi tetap fokus dalam berkendara.

Dengan memanfaatkan ekosistem digital, perusahaan bertaruh besar pada peluang yang berpotensi membawa perubahan dalam skala global, mewujudkan ambisi yang melampaui bisnis atau industri apa pun.

Karena itu, para penggerak digital memikirkan pemikiran besar dan mengajukan pertanyaan besar: Bagaimana kita menjual asuransi di era mobil tanpa pengemudi? Apakah kita menjual jasa, seperti pasokan listrik, Apakah kita membuat dan menjual televisi atau membuat hub untuk rumah pintar?

Bagaimana kami dapat membantu mewujudkan kota besar cerdas di masa depan? Apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kekurangan pangan yang membayangi dunia?

Pertanyaan untuk para pemimpin bisnis tradisional sekarang adalah: Bagaimana organisasi Anda akan menggunakan keunggulan digitalnya?

Apa yang akan dilakukan perusahaan Anda untuk tumbuh dan berkembang guna menghadapi tantangan yang lebih besar? Dan pada akhirnya – seperti apa masa depan kita, bersama-sama sebagai perusahaan di “We Economy?”

Tak satu pun dari ini akan mudah, tetapi upaya tersebut memiliki potensi imbalan yang luar biasa. Era baru ekosistem digital tidak hanya tentang mengubah perusahaan individu; ini tentang membentuk seluruh pasar. Setiap perusahaan akan menentukan kekayaannya sendiri – dan itu adalah peluang yang tidak ingin dilewatkan oleh perusahaan mana pun.

(oleh paul daugherty – chief technology officer di Accenture – dimuat forbes.com)

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments