Apa Itu Public Speaking dan Mengapa Penting bagi Pelaku Bisnis?

Public Speaking adalah jenis komunikasi lisan di depan orang banyak. Berbicara di depan umum memerlukan persiapan matang. Berikut ini pengertian Public Speaking dan kenapa ia penting dalam bisnis.

Public Speaking

Katalis.net — Jika Anda diminta untuk memberikan pidato, Anda mungkin bertanya-tanya: apa itu public speaking dan mengapa ia penting?

Pertanyaan itu cukup logis jika Anda belum pernah berpikir banyak tentang Public Speaking atau berbicara di depan umum.

Public Speaking sangat penting, baik dalam bisnis, pendidikan, maupun arena publik. Ada banyak manfaat Public Speaking bagi individu dan bisnis.

Baca Juga

Dalam artikel ini, kami akan mendefinisikan Public Speaking. Kami juga akan membahas pentingnya Public Speaking secara umum serta pentingnya Public Speaking dalam bisnis.

Pengertian Public Speaking

Public Speaking

Apa itu public speaking? Pada dasarnya, public speaking adalah presentasi yang diberikan secara langsung di hadapan audiens.

Public speaking dalam bahasa Indonesia sering disebut berbicara di depan umum, seperti pidato, ceramah, sambutan, presentasi, dan berbicara di forum diskusi atau seminar.

Public speaking dapat mencakup berbagai topik yang berbeda.

Tujuan public speaking mungkin untuk mendidik, menghibur, atau mempengaruhi pendengar (audiens). Seringkali, alat bantu visual dalam bentuk slideshow elektronik digunakan untuk melengkapi pidato dan membuatnya lebih menarik bagi audiens.

Presentasi public speaking berbeda dari presentasi online karena presentasi online dapat dilihat dan / atau didengarkan sesuai keinginan pemirsa, sedangkan public speaking seperti pidato biasanya dibatasi pada waktu atau tempat tertentu.

Presentasi online sering kali terdiri dari tayangan slide atau video rekaman dari pembicara (termasuk rekaman presentasi berbicara di depan umum secara langsung).

Sejarah Public Speaking

Asal-usul public speaking modern merujuk pada zaman Yunani dan Roma kuno. Orang Yunani kuno, khususnya, menggunakan public speaking terutama untuk memuji atau membujuk orang lain.

Pada satu titik, semua warga Yunani memiliki hak untuk menyarankan atau menentang hukum selama kebaktian, yang mengakibatkan kebutuhan akan public speaking yang terampil.

Berbicara di depan umum atau public speaking menjadi keterampilan yang diinginkan dan diajarkan. Berbicara di depan umum pada zaman Yunani disebut retorika.

Belakangan, ketika Roma berkuasa, public speaking digunakan selama sesi badan pimpinan — senat Romawi. Bangsa Romawi mengadopsi metode retorika berbicara di depan umum dari orang Yunani. Faktanya, kebanyakan guru public speaking saat itu adalah orang Yunani.

Setelah Perang Dunia II, gaya berbicara yang kurang formal mulai menjadi populer. Alat-alat elektronik juga mulai tersedia untuk meningkatkan presentasi publik.

Menjelang akhir abad ke-20, alat elektronik tersebut bermigrasi ke komputer dan berkembang menjadi alat perangkat lunak komputer, seperti PowerPoint, yang kita kenal dan gunakan saat ini.

Namun, jangan tertipu. Meskipun public speaking saat ini kurang formal, tetap penting untuk mengaturnya dengan baik. Sekarang mari kita lihat pentingnya public speaking.

Pentingnya Public Speaking

Jika Anda bertanya kepada kebanyakan orang, mereka mungkin akan mengatakan bahwa mereka tidak suka berbicara di depan umum (public speaking).

Mereka bahkan mungkin mengaku takut, karena takut public speaking adalah ketakutan yang sangat umum. Untuk alasan tersebut, banyak orang menghindari public speaking. Jika Anda salah satu dari orang-orang yang menghindari public speaking, Anda ketinggalan.

Selama bertahun-tahun, public speaking telah memainkan peran utama dalam pendidikan, pemerintahan, dan bisnis.

Kata-kata memiliki kekuatan untuk menginformasikan, membujuk, mendidik, dan bahkan menghibur. Kata yang diucapkan bisa menjadi lebih kuat daripada kata yang tertulis.

Apakah Anda seorang pemilik bisnis kecil (UMKM), pelajar, mahasiswa, atau hanya seseorang yang bersemangat tentang sesuatu — Anda akan mendapatkan keuntungan jika Anda meningkatkan keterampilan public speaking, baik secara pribadi maupun profesional.

Beberapa manfaat public speakingmeliputi:

  1. Meningkatkan kepercayaan diri
  2. Keterampilan penelitian yang lebih baik
  3. Keterampilan deduktif yang lebih kuat
  4. Kemampuan untuk mengadvokasi penyebab
  5. Dan banyak lagi

Berbicara di depan umum atau public speaking sangat penting untuk bisnis karena mereka memiliki kebutuhan untuk menyampaikan pesan mereka sebelum pelanggan potensial dan memasarkan bisnis mereka.

Staf penjualan dan eksekutif sama-sama diharapkan memiliki kemampuan berbicara di depan umum yang baik. Di postingan berikutnya kita akan bahas dasar-dasar atau teknik dasar public speaking –bagaimana cara pidato atau presentasi yang baik dan efektif. (Source)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment