Angel Investor, Pengertian dan Cara Kerjanya

Angel Investor, Pengertian dan Cara Kerjanya
pexels

Katalisnet — Angel investor (juga disebut dengan seed funder, private funders, dan angel funders) adalah individu dengan kekayaan bersih tinggi yang berinvestasi di tahap awal startup.

Imbalan yang diharapkan yaitu berupa ekuitas kepemilikan di perusahaan.

Investor semacam itu sering kali menjadi sumber utama investasi bagi para pemula selama tahap awal mereka ketika :

  • Konsepnya sudah siap, tetapi bisnisnya belum dimulai atau ketika bisnis baru saja dimulai.
  • Bisnis belum mendapatkan daya tarik pelanggan yang nyata atau memiliki daya tarik pelanggan yang lebih sedikit.
  • Produk akhir membutuhkan investasi untuk dikembangkan atau dikembangkan dalam skala besar.
  • Karena perusahaan rintisan memiliki risiko tinggi, bank tidak menawarkan pinjaman kepada mereka, dan mereka harus mendekati investor bernilai tinggi untuk mengambil dana sebagai imbalan atas ekuitas kepemilikan atau bunga atas investasi.

Inilah alasan mengapa investor seperti itu disebut malaikat – orang yang membantu pendiri ketika tidak ada orang lain yang melakukannya.

Apa yang Dilakukan Seorang Angel Investor?

Angel Investor adalah investor dalam arti sebenarnya. Mereka berinvestasi dalam bisnis yang sedang berkembang hanya untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi mereka saat keluar. Mereka menyediakan startup berpotensi tinggi dengan :

Baca Juga

Investasi moneter

Bantuan non-moneter dalam hal penawaran yang lebih baik karena jaringan mereka.
Lebih banyak eksposur dan publisitas dengan mengaitkan nama mereka dengan startup.
Lebih banyak peluang investasi dengan mengaitkan nama mereka dengan startup.

Bagaimana Angel Investor Bekerja?

Investor malaikat sangat unik dalam hal pekerjaan. Mereka berbeda dari pemodal ventura karena mereka bekerja sendiri, dan mereka lebih terbuka terhadap pengusaha yang mengambil keputusan sendiri.

Sumber Dana

Angel Investor biasanya menginvestasikan modal pribadi mereka atas kebijakan mereka sendiri. Namun ada kalanya dana bersumber dari perusahaan, bisnis, trust, atau dana investasi, dan lainnya.

Selain itu, tidak ada investasi minimum atau maksimum untuk angel investor. Seseorang dapat dianggap sebagai investor malaikat bahkan jika dia menginvestasikan dalam jumlah yang tidak terlalu besar di sebuah startup.

Jenis Investasi

Angel investor biasanya berinvestasi dalam pertukaran ekuitas hanya jika memungkinkan untuk menghitung penilaian startup.

Dalam skenario ketika terlalu dini untuk mendapatkan penilaian dari startup, mereka berinvestasi dalam bentuk nota atau hutang yang dapat dikonversi.

Keterlibatan dalam Aktivitas Bisnis

Angel investor mungkin tidak berpartisipasi dalam keputusan dan aktivitas bisnis tergantung pada sifat, kebijaksanaan, dan kontrak mereka dengan pendiri startup.

Uang dan Kontrak

Karena ada risiko tinggi kehilangan investasi, angel investor berinvestasi lebih sedikit dan mengambil kepemilikan ekuitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan investor lain seperti pemodal ventura yang berinvestasi selama tahap awal startup.

Berapa Investor Malaikat Berinvestasi?

Umumnya, investor malaikat berinvestasi antara ratusan juta hingga milyar. Tetapi ada kasus ketika investasi ini meluas hingga melebihi nilai umum.

Berapa banyak uang yang diinvestasikan investor malaikat dalam startup biasanya bergantung pada :

  • Industri tempat bisnis beroperasi
  • Potensi pertumbuhan
  • Jika startup baru dalam tahap konseptualisasi dan membutuhkan investasi untuk mengubah konsep menjadi bisnis yang sebenarnya, investasi yang dilakukan kecil karena hanya didasarkan pada kaliber pengusaha dan timnya, bukan pada validitas dan kelangsungan hidup yang terbukti.
  • Ide. Namun, jika idenya divalidasi dan startup mengambil investasi untuk tumbuh, investasi yang dibuat menjadi lebih signifikan. Bahkan mungkin melibatkan lebih sedikit pengenceran saham pendiri yang ada.

Tapi, karena investor malaikat mengambil risiko lebih dari biasanya, mereka mencari persentase kepemilikan ekuitas 25% atau lebih sebagai imbalan atas investasi mereka di perusahaan.

Apa Saja Jenis Investor Malaikat yang Berbeda?

Bergantung pada persyaratan startup, tahap bisnis, dan jaringan pendiri, investor yang berinvestasi selama angel round dapat dibagi menjadi lima jenis.

Investor Keluarga
Investor keluarga adalah anggota keluarga yang suportif yang mengenal pendiri dan percaya pada dia dan idenya. Motivasi berinvestasi berasal dari kemauan untuk menghidupi anggota keluarga.

Investasi dan kontrak bergantung pada posisi keuangan investor keluarga dan hubungannya dengan pendiri.

Hubungan Investor
Relationship investor adalah siapa saja yang sudah lama dikenal oleh pendirinya. dia bisa menjadi rekan kerja dari perusahaan sebelumnya, mantan bos, teman keluarga, atau teman bisnis yang sudah lama dikenal pendiri.

Para investor ini termotivasi untuk berinvestasi dalam bisnis baik karena kemauan untuk mendukung maupun untuk mendapatkan laba atas investasi.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment