Akankah Indonesia Masuk Jurang Resesi?

Resesi Ekonomi

Bank Indonesia (BI) memperkirakan Indonesia berpotensi masuk ke jurang resesi pada kuartal III 2020. Kondisi tersebut terlihat dari perkiraan pertumbuhan ekonomi nasional bakal negatif pada kuartal II-2020.

Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia (BI) Juda Agung, mengatakan BI memprediksi kalau kuartal II-2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia akan negatif. Sementara di kuartal III-2020, pertumbuhan ekonomi juga masih akan negatif.

Dalam video conference bersama kontan.co.id, Juda menambahkan, tetap berharap dengan kebijakan yang sudah ada, diambil oleh pemerintah dan otoritas terkait bisa mencegah terjadinya risiko resesi yang dalam.

Namun demikian Juda mengatakan, masih terdapat potensi pertumbuhan positif, hanya saja positif kecil. Disisi lain ia mengaku, di situasi yang penuh ketidakpastian ini, sangat sulit untuk memprediksi pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga

Juda menuturkan, Perekonomian diprediksi bisa menguat pada tahun 2021 dengan prediksi pertumbuhan di kisaran 6%. Dengan begitu, perkiraan pemulihan pertumbuhan ekonomi kali ini adalah bentuk U-shaped. Kuartal IV-2020 diprediksi akan naik dan tahun depan bisa rebound,

Untuk menyelamatkan ekonomi, Juda menyebutkan Indonesia harus fokus dalam dua hal, yaitu seberapa efektif penanganan pandemi untuk kesehatan. kedua, seberapa efektif jurus yang diberikan untuk pemulihan ekonomi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *