Adaptasi Atau Punah : Bagaimana Antropologi Budaya Dapat Menginformasikan Strategi Bisnis

Ilustrasi pexels.com

“Antropologi perusahaan adalah pelintiran pada antropologi tradisional, ilmu sosial, dan hubungan konsumen
Manfaat antropologi perusahaan”

Jarang ketajaman bisnis muncul dalam diskusi yang sama dengan ilmu sosial seperti antropologi. Namun, beberapa antropolog korporat, berhasil mengawinkan kesuksesan di dunia bisnis dengan pelajaran yang dipetik dari mempelajari interaksi sosial manusia selama ribuan tahun. Wawasan bisnis yang diberikan oleh studi tentang kemanusiaan mungkin akan mengejutkan Anda, dan bahkan memberi Anda keunggulan dalam persaingan.

“Kesuksesan kami datang dari membantu orang-orang di semua tingkatan untuk melihat, merasakan, dan berpikir dengan lebih baik tentang bisnis mereka dan diri mereka sendiri dengan pandangan yang segar,” begitu kata Andi Simon seorang antropolog korporat seperti yang ditulis businessnewsdaily.com, . “Nilai sebenarnya dari antropologi adalah membantu orang berhenti sejenak, melangkah keluar dan melihat cara mereka selalu melakukan sesuatu dengan cara baru – dan kemudian mewujudkannya.”

Intinya, antropologi perusahaan adalah tentang adaptasi. Baik secara internal maupun eksternal, kata Simon, dunia bisnis sedang berubah. Baik itu awal kecerdasan buatan, kebangkitan e-commerce, perluasan proses bisnis otomatis, atau masuknya pekerja milenial, operasi bisnis dipaksa untuk mengubah cara mereka melakukan sesuatu. Di luar, pembeli merespons secara berbeda, memaksa bisnis untuk memikirkan kembali strategi pemasaran, proposisi nilai, dan keterlibatan mereka dengan dunia pada umumnya.

“Bukan yang paling cerdas atau terkuat yang bertahan, tapi yang paling adaptif,” kata Simon. Adaptasi dan evolusi memilih yang paling sesuai dari banyak pilihan untuk kebutuhan tertentu. Hal yang sama berlaku untuk bisnis saat ini. Antropologi adalah bagian penting dari perangkat bisnis saat ini bagi mereka yang ingin memahami bisnis mereka dan bagaimana membuatnya tetap aktif dan gesit dalam waktu yang berubah cepat. ”

Baca Juga

Sementara studi antropologi biasanya dipahami sebagai menganalisis masyarakat manusia masa lalu dan sekarang, bisnis pada dasarnya adalah mikrokosmos masyarakat. Setiap perusahaan memiliki budaya dan caranya sendiri dalam berinteraksi dengan dunia luar. Dengan mempelajari kebiasaan, kebijakan dan prosedur dalam sebuah perusahaan, dan bagaimana mereka berubah dari waktu ke waktu, para antropolog mendapatkan wawasan yang sama seperti ketika mempelajari kelompok sosial yang lebih besar, kata Simon.

Apa yang dilakukan antropolog korporat?

Seorang antropolog korporat pada dasarnya menggabungkan antropologi tradisional dengan bisnis. Dengan kata lain, mereka menggali untuk mempelajari pelanggan dan produk, dan bagaimana produk, pekerja dan pelanggan disatukan.

Sudah diketahui umum bahwa pemasaran memainkan peran penting dalam mengetahui apa yang diinginkan pelanggan, yang memungkinkan perusahaan mengembangkan produk ideal yang paling banyak diminta. Seorang antropolog korporat berbicara dengan pelanggan dan mengajukan pertanyaan mendalam yang membantu mengklarifikasi tipe konsumen apa mereka, di mana mereka berbelanja, bagaimana mereka membayar produk dan apa faktor dalam keputusan mereka untuk membeli.

Antropologi adalah “studi tentang manusia”. Antropolog korporat membantu perusahaan memahami pelanggan mereka, budaya yang berbeda, dan departemen berbeda yang membentuk perusahaan.

Mengapa perusahaan mempekerjakan antropolog?

Antropologi perusahaan adalah subbidang bisnis dan antropologi yang sangat penting. Antropologi perusahaan menerapkan teori antropologi dan praktik organisasi untuk meningkatkan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Korporasi dapat menyewa seorang antropolog karena sejumlah alasan berbeda, tetapi alasan paling umum adalah pemasaran dan perilaku konsumen. Jika Anda baru mengenal dunia korporat dan memiliki gagasan tentang apa yang ingin Anda lakukan, tetapi Anda tidak yakin secara pasti bagaimana mendapatkan bisnis di tempat yang Anda inginkan, audiens yang ditargetkan dari bisnis Anda dan bagaimana menjangkau target Anda. audiens, antropolog perusahaan dapat membantu Anda mencapai tujuan ini.

Seorang antropolog korporat mengamati lingkungan perusahaan Anda, termasuk mereka yang menjadi populasi bisnis, dan menentukan bagaimana semua ini bekerja sama. Mereka tidak hanya berbicara dengan orang; mereka akan memperhatikan seperti apa bisnis Anda dan bagaimana orang-orang bekerja di sana. Mereka akan menggunakan observasi partisipan untuk mengumpulkan informasi berharga guna menentukan apa yang dibutuhkan organisasi untuk mengembangkan hubungan dengan karyawan mereka serta pelanggan yang mereka layani.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *