9 Langkah Memulai Bisnis Podcasting

Bagaimana membuat bisnis podcasting? Mulailah membuat podcast dengan pengetahuan umum, bahkan di bidang Anda. Saat mengembangkan audiens, jadilah lebih spesifik. Kian spesifik podcast Anda, makin banyak perhatian yang akan Anda tarik.

Bisnis Podcast

PODCAST kini trending di kalangan pembuat konten, termasuk Youtuber dan blogger. Dunia usaha juga sudah melirik podcasting sebagai perangkat online marketing.

Bagaimana dengan bisnis podcasting sendiri? Apakah podcasting bisa menghasilkan uang atau menjadi model bisnis tersendiri?

Bisnis podcasting adalah menyediakan hiburan, informasi, atau pengetahuan dengan mengunggah file audio online untuk didengarkan oleh pendengar.

Baca Juga

Biasanya Podcast didengarkan melalui aplikasi smartphone. Podcast menghasilkan uang untuk pembuatnya melalui iklan.

Pendengar juga dapat membayar untuk mendapatkan akses ke podcast yang sedang berlangsung, materi bonus, dan episode tambahan.

9 Langkah Memulai Bisnis Podcasting Anda

Langkah-langkah ini akan memastikan bahwa bisnis baru Anda direncanakan dengan baik, terdaftar dengan benar, dan patuh secara hukum.

Langkah 1: Rencanakan Bisnis Anda

Rencana yang jelas sangat penting untuk sukses sebagai pengusaha. Ini akan membantu Anda memetakan spesifikasi bisnis Anda dan menemukan beberapa hal yang tidak diketahui.

Beberapa topik penting untuk dipertimbangkan adalah:

  1. Berapa biaya awal dan biaya berkelanjutan?
  2. Siapa target pasar Anda?
  3. Berapa banyak yang bisa Anda kenakan kepada pelanggan?
  4. Apa nama bisnis Anda?

Berapa biaya yang dikeluarkan dalam membuka bisnis podcasting?

Pemilik podcast perlu membeli perekam XLR portabel, yang harganya antara US$ 100-500. Antarmuka audio, sementara itu, akan berharga antara $ 30-300.

Laptop juga akan dibutuhkan. Harganya sekitar $700. Perangkat lunak pengeditan audio (audio software editing) yang bagus dapat dibeli hanya dengan $ 300. Perangkat lunak penerbitan tersedia dengan harga sekitar $ 20.

Secara keseluruhan, biaya awal awal berjumlah sedikit di bawah $ 1.000 (antara Rp10-16 juta) jika bisnis dimulai dengan anggaran rendah.

Berapa biaya berkelanjutan untuk bisnis podcasting?

Pemeliharaan dan peningkatan teknologi tidak mahal; biasanya, harganya sekitar $ 500 per tahun. Sebagian besar pengeluaran berkelanjutan Anda akan diarahkan ke pengumpulan informasi dan pengalaman kehidupan nyata, yang dapat mencakup biaya perjalanan variabel.

Siapa target pasarnya?

Target pasar podcaster besar. Karena podcast bisa tentang apa saja, terserah podcaster untuk menentukan niche mereka.

Secara umum, bagaimanapun, pasar podcaster adalah siapa saja yang mendengarkan podcast. Orang yang sering mengemudi, berjalan-jalan, atau sekadar mendownload podcast smartphone. Pendengar yang rentan terhadap pembelian e-niaga sangat menguntungkan.

Bagaimana bisnis podcasting menghasilkan uang?

Podcaster bisa menghasilkan uang dengan beberapa cara. Pertama, mereka bisa punya sponsor. Setiap kali sponsor digunakan, podcaster dibayar.

Podcaster juga dapat meminta sumbangan (donasi). Beberapa podcaster memberikan episode gratis, menagih pendengar untuk episode lain.

Yang lain mungkin menawarkan pertunjukan parsial gratis sambil menawarkan keseluruhan pertunjukan dengan biaya tertentu. Iklan media sosial juga dapat menghasilkan uang, seperti halnya situs web podcast.

Podcast yang sukses sering kali membangun seluruh merek di sekitar layanan mereka, menjadi penyedia produk dan bahkan konsultan. Jika podcaster terhubung dengan baik di dunia aplikasi seluler, mereka mungkin menjual aplikasi iPhone bersama podcast mereka.

Berapa banyak yang bisa Anda kenakan kepada pelanggan?

Keanggotaan podcast biasanya antara $ 1,99 dan $ 9,99 per bulan. Jika Anda menjual aplikasi, pertimbangkan untuk memberi harga sekitar 99 sen untuk satu unduhan.

Berapa banyak keuntungan yang bisa dihasilkan bisnis podcasting?

Podcast yang sangat sukses dapat menghasilkan sebanyak $ 50.000 per episode. Podcast kecil, bagaimanapun, menghasilkan $ 2.000 per tahun.

Biasanya, rata-rata pemilik podcast menghasilkan sekitar $ 12.000 per tahun sebagai pekerjaan sampingan. Berharap untuk menghasilkan sekitar $ 30.000 sebagai podcaster yang cukup sukses.

Bagaimana Anda bisa membuat bisnis Anda lebih menguntungkan?

Mulailah dengan pengetahuan umum, bahkan di bidang Anda. Saat Anda mengembangkan audiens, jadilah lebih spesifik. Semakin spesifik podcast Anda, semakin banyak perhatian yang akan Anda tarik.

Apa nama bisnis Anda?

Memilih nama yang tepat sangatlah penting. Saat mendaftarkan nama bisnis, sebaiknya periksa apakah nama bisnis tersedia, menelusuri web, dan memastikan nama yang Anda pilih tersedia sebagai domain web untuk mengamankannya lebih awal sehingga tidak ada orang lain bisa menerimanya.

Siapkan website, nama domain, hosting, dan akun email profesional. Google G Suite menawarkan layanan email bisnis yang dilengkapi dengan alat berguna lainnya, termasuk pengolah kata, spreadsheets, dan banyak lagi.

Langkah 2: Bentuk badan hukum

Mendirikan badan usaha legal akan mencegah Anda bertanggung jawab secara pribadi jika bisnis podcasting Anda digugat.

Badan usaha yang berbentuk badan hukum terdiri dari Perseroan Terbatas (PT), Persekutuan Komanditer (Commanditaire Vennootschap/CV), Yayasan, dan Koperasi.

Langkah 3: Daftarkan pajak

Pemilik badan usaha wajib mendaftarkan badan usaha bisnis podcasting kepada kantor pajak untuk mendapatkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Langkah 4: Buka rekening bank bisnis & kartu kredit

Menggunakan bank bisnis dan rekening kredit khusus sangat penting untuk perlindungan aset pribadi.

Ketika akun pribadi dan bisnis Anda dicampur, aset pribadi Anda (rumah, mobil, dan barang berharga lainnya) berisiko jika bisnis Anda digugat. Dalam hukum bisnis, ini disebut menusuk kerudung perusahaan Anda.

Selain itu, mempelajari cara membangun kredit bisnis dapat membantu Anda mendapatkan kartu kredit dan pembiayaan lain atas nama bisnis Anda (bukan milik Anda), suku bunga yang lebih baik, jalur kredit yang lebih tinggi, dan banyak lagi.

Langkah 5: Siapkan akuntansi bisnis

Mencatat berbagai pengeluaran dan sumber pendapatan Anda sangat penting untuk memahami kinerja keuangan bisnis Anda. Menjaga akun yang akurat dan terperinci juga sangat menyederhanakan pengajuan pajak tahunan Anda.

Langkah 6: Dapatkan izin dan lisensi yang diperlukan

Kegagalan mendapatkan izin dan lisensi yang diperlukan dapat mengakibatkan denda yang besar, atau bahkan menyebabkan bisnis Anda ditutup. Izin tertentu mungkin diperlukan untuk menjalankan bisnis podcasting.

Langkah 7: Dapatkan Asuransi Bisnis

Seperti halnya lisensi dan izin, bisnis Anda membutuhkan asuransi agar dapat beroperasi dengan aman dan sah. Asuransi Bisnis melindungi kesejahteraan keuangan perusahaan Anda jika terjadi kerugian yang ditanggung.

Ada beberapa jenis polis asuransi yang dibuat untuk berbagai jenis bisnis dengan risiko berbeda.

Langkah 8: Tentukan merek bisnis podcasting Anda

Merek Anda adalah tujuan perusahaan Anda, serta bagaimana bisnis Anda dianggap oleh publik. Merek yang kuat akan membantu bisnis Anda menonjol dari pesaing.

Cara mempromosikan & memasarkan bisnis podcasting

Dikenali dalam skala kecil. Dengan merepresentasikan nilai unik podcast Anda, Anda akan dapat mempromosikannya secara efektif.

Untuk pemasaran, hubungi pemilik podcast terkenal. Minta mereka untuk mempromosikan podcast Anda di podcast mereka, dan tawarkan untuk melakukan hal yang sama sebagai imbalan.

Banyak pemilik podcast yang sukses saling mempromosikan. Berbeda dengan stasiun radio, podcast mengandalkan promosi dari mulut ke mulut secara langsung, bukan iklan fisik. Iklan dipertimbangkan, iklan media sosial cenderung berfungsi.

Bagaimana membuat pelanggan datang kembali

Pikat pelanggan dengan memiliki konten yang melintasi podcast lain. Pertahankan pelanggan dengan menawarkan program hadiah, diskon keanggotaan, dan — tentu saja — konten yang bagus. Podcast Anda harus terus diperbarui. Itu juga harus menampilkan materi yang layak diberitakan.

Langkah 9: Tentukan Keberadaan Web Anda (Website Presence)

Situs web bisnis memungkinkan pelanggan mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda dan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk menarik klien atau pelanggan baru.

Itu dia cara memulai bisnis podcasting atau usaha bidang podcast. (Source)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *