5 Langkah Bisnis yang Sebaiknya dilakukan

5 Langkah Bisnis yang Sebaiknya dilakukan

Katalis.net — Tidak ada yang dapat sepenuhnya mempersiapkan Anda untuk memulai bisnis sendiri — tetapi Anda dapat belajar dari orang lain yang pernah melakukannya. Inilah nasehat bisnis dari para pebisnis

Sadari bahwa wirausaha ibarat lari maraton

Banyak pengusaha fokus pada bagaimana mereka dapat keluar dari bisnis mereka dalam beberapa tahun. Tetapi banyak hal berubah dan hidup jarang berjalan seperti yang direncanakan. Maka, fokuslah membangun perusahaan yang hebat untuk jangka panjang. Ingat, kewirausahaan ibarat lari maraton, bukan lari cepat.

Pastikan ada permintaan untuk produk atau layanan Anda

Perusahaan yang berkembang fokus pada keuntungan secara konsisten sehingga mereka dapat mengantisipasi kejadian tak terduga seperti pandemi Covid-19. Sebelum memulai bisnis, lakukan riset, pastikan ada pasar dan permintaan untuk produk atau layanan yang akan ditawarkan. Setiap penjualan harus menguntungkan, idealnya 50 persen.

Selalu Ada Pengalaman Pertama

Ketahuilah bahwa Anda tidak akan melakukannya dengan benar pada kali pertama. Satu-satunya cara untuk maju adalah dengan segera ambil tindakan.

Kemudian Anda harus cepat menganalisis hasil, dan membuat perubahan jika diperlukan. Anda mungkin tidak akan melakukannya dengan benar pada kali pertama atau bahkan yang kedua atau ketiga. Namun jika Anda gesit, Anda dapat melakukan pivot.

Pivot adalah istilah untuk sebuah start up yang melakukan perubahan saat menyadari bahwa apa yang sudah dilakukannya tidak berjalan. Perubahan yang dilakukan masih sesuai dengan ide awal.

Hindari overhead yang berat

Cari cara untuk menghasilkan uang dengan cepat dan dibayar dimuka. Semakin banyak uang tunai yang Anda miliki, semakin Anda mampu mengambil risiko yang telah diperhitungkan.

Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan tanpa kerugian. Investasikan diri Anda dan percayalah bahwa Anda akan mewujudkannya.

Ketika Anda “gagal”, pertimbangkan itu sebagai umpan balik. Setiap kali Anda menguji teori di dunia nyata, Anda akan mendapatkan umpan balik yang menunjukkan cara untuk meningkatkan diri. Satu-satunya cara Anda benar-benar gagal adalah jika Anda menyerah

Bersabarlah dan pastikan Anda memiliki dana yang cukup

Siapa pun yang memulai bisnis baru harus sepenuhnya memahami timeline dan pendanaan yang dibutuhkan untuk bertahan dalam fase startup.

Rencanakan untuk mengambil investasi waktu lebih lama dari yang ditentukan untuk menghasilkan keuntungan, dan pastikan Anda memiliki sumber pendanaan cadangan.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments