18 Ide Mengembangkan Bisnis dengan Media Sosial

media sosial

Katalis.netMedia sosial adalah landasan pemasaran untuk bisnis modern. Menurut Statista, pada 2017 sebanyak 90 persen bisnis di Amerika Serikat menggunakan media sosial untuk tujuan pemasaran.

Sumber tersebut memproyeksikan angka tersebut akan meningkat dari 86,2 persen pada 2013 menjadi 91 persen pada 2019. ”

Jika Anda belum bergabung dengan 91% (dan masih berkembang) bisnis yang menggunakan media sosial untuk menguntungkan bisnis mereka, sayangnya Anda kehilangan banyak bisnis.

Anda perlu melihat tujuan dan sasaran bisnis Anda dan menerapkannya ke dalam pemasaran media sosial. Media Sosial akan mengubah segalanya untuk bisnis Anda.

Baca Juga

18 Ide Mengembangkan Bisnis dengan Media Sosial

Berikut adalah 18 ide untuk mengembangkan bisnis Anda dengan Media Sosial:

1. Tetap di Depan Kurva

Pertama-tama, gunakan media sosial beberapa kali sehari. Pesaing Anda sudah menggunakannya. Jadi, tetaplah terdepan dengan belajar dan beradaptasi dengan semua platform media sosial berbeda yang tersedia untuk Anda.

Ada banyak di luar sana dan beberapa yang paling populer, termasuk Twitter, Facebook, Instagram, LinkedIn, Pinterest, dan SnapChat.

2. Targetkan Audiens Anda

Saat Anda menggunakan media sosial, Anda dapat mencari audiens tertentu untuk menargetkan pelanggan potensial.

Misalnya, di Twitter Anda dapat bergabung dalam percakapan tentang topik tertentu untuk melihat siapa yang terlibat dalam percakapan tersebut. Bergabung dalam percakapan!

Ikuti beberapa pemberi komentar lain dan Anda mungkin akan mendapatkan kembali beberapa pengikut, yang pada akhirnya mengarah ke pelanggan baru.

Tulis posting atau blog untuk menargetkan pelanggan Anda. Pastikan untuk memasukkan tautan ke dalam posting dan blog Anda untuk membantu mengarahkan pembaca ke situs web Anda. Setelah mengklik postingan, mereka dapat dengan mudah membuka situs Anda untuk menjadi pelanggan.

3. Bersikaplah Konsisten

Anda harus konsisten dengan postingan media sosial Anda. Saat Anda mendapatkan audiens, orang-orang berharap mendengar dari Anda.

Anda perlu memberi mereka apa yang mereka inginkan. Siapa target audiens Anda dan mengapa? Jadwalkan kapan dan seberapa sering Anda akan memposting untuk memenuhi kebutuhan calon pelanggan.

Posting 2-3 kali sehari adalah yang terbaik. Bahkan jika itu sesuatu yang mendasar, itu membangun kesadaran dan visibilitas merek.

4. Berinteraksi

Anda tidak boleh hanya memposting di Media Sosial; Anda harus berinteraksi dengan audiens Anda!

Terlibat dengan calon pelanggan akan membuat mereka tahu bahwa Anda adalah bisnis nyata yang peduli dengan pelanggan Anda. Semakin banyak interaksi berarti semakin banyak peluang bagi audiens Anda untuk berubah menjadi pelanggan Anda.

Jadi, tanggapi postingan mereka dan jawab pertanyaan mereka. Tunjukkan minat pada audiens Anda. Hargai komentar yang mereka tinggalkan pada kiriman Anda dengan memberi komentar dan berterima kasih kepada mereka. Berinteraksi bisa sangat bermanfaat.

5. Layanan Eksklusif melalui Media Sosial

Anda bisa mendapatkan banyak pengikut dengan menawarkan layanan eksklusif yang hanya tersedia melalui media sosial.

Misalnya, jika Anda seorang penjual bunga, Anda dapat menawarkan pengaturan khusus untuk liburan mendatang dengan harga diskon melalui “ikuti” di Twitter atau dengan komentar dan retweet.

Pengikut Anda akan menyukai gagasan kesepakatan eksklusif, dan dalam hal ini me-retweet ke pengikut mereka akan memberi Anda lebih banyak pengikut dan pelanggan potensial.

6. Memberi Manfaat

Mengikuti garis layanan eksklusif, memberi manfaat kepada pelanggan Anda dengan memberikan hadiah gratis adalah cara yang pasti untuk mengembangkan bisnis Anda!

Jika Anda memiliki blog atau website, Anda dapat memberikan buku gratis. Jika Anda menawarkan layanan pemasaran, Anda dapat menawarkan uji coba gratis atau bahkan kode diskon.

Orang suka gratis!

Mereka juga suka memenangkan kontes, jadi buatlah itu menyenangkan dan menarik dan Anda pasti akan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

7. Tautkan Situs Anda

Memiliki link ke situs Anda di suatu tempat di akun media sosial Anda akan sangat membantu. Di bagian “Tentang” atau “Biografi” Anda adalah tempat yang bagus untuk menambahkan tautan.

Dengan begitu, audiens dan calon pelanggan Anda lebih mudah menemukan Anda. Membuatnya lebih mudah akan membantu bisnis Anda dalam jangka panjang.

8. Sertakan Ikon di Situs Web Anda

Sertakan ikon media sosial Anda di situs web Anda.

Jika pelanggan hanya mengetahui bisnis Anda melalui situs web Anda dan mereka melihat ikon Anda, mereka akan lebih terlibat dengan bisnis Anda.

Kemungkinan mereka akan membagikan bisnis Anda dengan teman-teman mereka di media sosial, memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

9. Sertakan Ikon di Email Anda

Mari kita hadapi itu. Email adalah bagian penting dari hari-hari kita. Dengan menambahkan ikon media sosial Anda ke email Anda, Anda terikat untuk mendapatkan pengikut dan pada gilirannya pelanggan.

media sosial

10. Optimalkan

Konten media sosial Anda harus dioptimalkan dengan menggunakan kata kunci di industri Anda.

Apa yang dicari orang di Google? Kata-kata apa yang digunakan orang-orang dalam percakapan grup yang Anda ikuti? Kata apa yang dicari orang di situs web Anda?

Apa pertanyaan dan frasa yang mereka gunakan untuk mencari di Siri, Bixby, dan Alexa? Ketahui kata kunci dan frasa bisnis Anda dan sering menggunakannya. Anda tidak harus mengatakan hal yang persis sama. Ubah format. Ganti kata-katanya. Jadilah kreatif!

11. Hashtag

Gunakan hashtag jika memungkinkan! Salah satu platform terbaik untuk menggunakan hashtag adalah Twitter. Anda dapat memberi tagar apa pun yang relevan dengan posting atau bisnis Anda secara umum.

Ini pasti akan membuat Anda mendapatkan pengikut karena siapa pun yang menggunakan hashtag atau pencarian hashtag itu dapat melihat tweet Anda.

Juga populer di Instagram, menggunakan hashtag membantu Anda mengembangkan pengikut dan menempatkan bisnis Anda di depan calon pelanggan.

12. Berkolaborasi

Platform media sosial adalah tempat yang bagus untuk menemukan bisnis lain untuk diajak bekerja sama. LinkedIn, misalnya, adalah platform profesional besar yang memungkinkan Anda berbagi ide bisnis dan menemukan profesional yang berpikiran sama untuk diajak bekerja sama.

Semua saluran media sosial bagus untuk jaringan, sambil mengawasi persaingan.

13. Bagikan

Bagikan sebanyak mungkin di media sosial. Bagikan situs web Anda, penjualan Anda, blog Anda, ide-ide Anda, platform media sosial Anda yang lain, dll. Kuncinya adalah terlibat dan konsisten.

14. Layanan Pelanggan

Media sosial adalah cara cepat untuk menanggapi komentar pelanggan. Pelanggan Anda yang mengikuti Anda kemungkinan besar akan memberikan ulasan jika mereka memiliki pengalaman hebat atau pengalaman buruk.

Pastikan untuk berterima kasih kepada pelanggan yang berterima kasih dan pastikan untuk menangani keluhan pelanggan dengan cepat dan efisien! Orang lain akan melihat bagaimana Anda merespons dan kepercayaan akan tumbuh.

15. Merek

Kehadiran media sosial yang kuat secara alami akan membangun merek (brand) Anda dari waktu ke waktu. Dengan sering memposting,

Anda secara organik akan menciptakan nada Anda dan membangun merek Anda. Menambahkan beberapa kepribadian pada postingan Anda akan membuat merek Anda menonjol di industri Anda, jadi jangan takut untuk mengutarakan pendapat Anda. Tetap profesional, tetapi ringan dan menarik.

16. Popularitas

Media sosial sangat populer. Itu telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Gunakan popularitas ini untuk berbagi ide, penjualan, dan informasi. Jangan mencoba melawan arus. Lakukan saja.

17. Gratis

Sekali lagi, orang menyukai barang gratis! Dan Anda juga harus melakukannya! Media sosial adalah alat yang sepenuhnya gratis untuk memasarkan bisnis Anda.

Menghabiskan hanya 6 jam seminggu di media sosial adalah pemasaran terbaik yang bisa diperoleh bisnis Anda. Iklan yang Gratis /? Anda tidak bisa mengalahkan itu.

18. Menjadi Ahli

Jika Anda menjual suatu barang, Anda dapat memberikan trik dan tips agar barang tersebut tetap berjalan dengan baik. Anda dapat memberikan nasihat tentang layanan.

Pelanggan selalu mencari informasi. Anda dapat menawarkan informasi itu secara gratis. Dengan melakukan itu, Anda membangun hubungan kepercayaan. Anda akan menjadi ahli yang mereka tuju.

Ada banyak cara untuk menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis Anda. Ini hanya 18 dari mereka. Itu membutuhkan dedikasi dan dedikasi membutuhkan waktu. Luangkan 6 jam seminggu dan lihat bisnis Anda berkembang! (Metasense Marketing)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *